Feature

Meneladani Semangat Kemerdekaan Masyarakat Ladongi

ABDUL RAHIM/BERITA KOTA KENDARI
Suasana acara syukuran dan ramah tamah antara masyarakat Ladongi dan pemerintahan kecamatan, Polsek dan Koramil se Kecamatan Ladongi, di halaman Rumah Jabatan Camat Ladongi, Sabtu (19/8). malam

Kumpul Anggaran Rp 48 Juta, Gelar Syukuran untuk Dinikmati Bersama

BKK, TIRAWUTA- Dalam hal kebersamaan, masyarakat Ladongi, Kolaka Timur, patut menjadi contoh yang baik. Didorong semangat HUT ke-72 Kemerdekaan RI, mereka beramai-ramai menyumbangkan dana pribadi hingga terkumpul Rp 48 juta lebih.

Dana sebesar itu kemudian digunakan untuk membuat acara malam ramah tamah. Warga lainnya menyumbangkan tenaganya untuk keperluan acara.

Sabtu (19/8) malam, acara itu pun digelar di halaman Rumah Jabatan Camat Ladongi. Tari-tarian tradisional yang ditampilkan pelajar se Kecamatan Ladongi secara bergiliran, menjadi tontonan yang menghibur warga.

Selain warga, acara ini juga dihadiri Kapolsek Ladongi, lurah/kepala desa, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, Babinsa, Babinkamtibmas. Dan tentu saja, Camat Ladongi, Ridwan Nasir sendiri.

Dalam laporannya sebelum pementasan dimulai, Sekretatis Camat Ladongi, Saeho menyampaikan bahwa acara ini terselenggara berkat partisipasi masyarakat, baik materi maupun tenaga. Untuk materi, warga beramai-ramai menyumbang hingga terkumpul dana Rp 48.750.000.

“Adapun pengeluaran kegiatan mencapai Rp 60.479.000. Jadi ada minus sekitar Rp 12 juta yang kemudian ditanggung oleh Pemerintah Kecamatan Ladongi. Kami sangat berterima kasih dan bangga karena acara ini bisa terselanggara atas partisipasi masyarakat,” kata Sekcam Ladongi.

Camat Ladongi, Ridwan Nasir yang tampil berikutnya memuji semangat masyarakatnya yang ingin mewujudkan rasa syukur atas Kemerdekaan RI melalui acara tersebut. Dia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Polsek maupun Koramil Ladongi yang sangat mendukung berbagai kegiatan tujuhbelasan, baik yang diselenggarakan sebelum 17 Agustus maupun setelahnya.

“Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi kita semua untuk bersilaturahim. Kita undang semua elemen masyarakat untuk hadir dalam kegiatan ini. Agar bisa menikmati perayaan ini secara bersama, dan saling menjalin keakraban,” katanya.

Kapolsek Ladongi, IPDA Hendrianto juga ikut memberikan sambutan. Dia menjelaskan, wilayah hukum Polsek Ladongi tidak saja mencakup Ladongi, tetapi juga Kecamatan Dangia dan Kecamatan Polipolia. Namun dengan wilayah kerja seluas itu, Polsek Ladongi hanya punya 29 orang petugas.

IST
Kapolsek Ladongi

Untuk itu, kata Hendrianto, perlu kerja sama antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan. Paling tidak, menjaga diri sendiri dari perbuatan melanggar hukum, keluarga dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, masyarakat sudah ikut membantu sebagian tugas-tugas kepolisian.

Dia juga mengingatkan bahwa Ladongi didiami beragam suku, ras, agama dan golongan. Masyarakat tentu harus terus menjaga persaudaran, menjalin keakraban agar bisa menikmati harmoni keberagaman tersebut.

“Saya minta kepada tokoh agama untuk tetap memberikan siraman rohani kepada warganya. Sehingga ketakwaan kita kepada Sang Pencipta semakin kuat, dan dapat menghindarkan kita dari perbuatan melanggar hukum,” harapnya.

Aparat Polri dan TNI, tambah Kapolsek, akan berusaha sekuat tenaga untuk menjaga keamanan masyarakat. “Kami bekerja sama dengan TNI, kecamatan dan Satpol PP, rutin melakukan patroli malam. Kita keliling di beberapa titik, seperti rumah kost, asrama hingga lorong-lorong. Untuk kejadian pembegalan kemarin, kita sudah berhasil ungkap kasusnya dan semoga kejadian seperti itu tidak akan terulang kembali,” tuturnya.

ABDUL RAHIM/BKK
Camat Ladongi, Ridwan Nasir menyerahkan uang pembinaan kepada Paskibra Kecamatan Ladongi.

Selain hiburan tari-tarian dari para pelajar, acara ini juga diisi dengan penyerahan piagam pengharaan serta uang pembinaan kepada Pasukan Pengibar Bendera Kecamatan Ladongi. (cr8/aha)

To Top