Teknologi Bank Sultra Percepat Urusan Mahasiswa UHO – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Teknologi Bank Sultra Percepat Urusan Mahasiswa UHO

RIA RAMAYANTI/BERITA KOTA KENDARI
Direktur  Kepatuhan Bank Sultra, La Utu dan Rektor UHO, Dr Zamrun di Rektorat UHO, Senin (14/8).

BKK, KENDARI– Universitas Halu Oleo dan Bank Sultra memperluas kerjasamanya untuk pembayaran Uang Pangkal, Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta penyaluran beasiswa bidik misi. Jika dua tahun terakhir ini Bank Sultra hanya melayani mahasiswa program pascasarjana, kini sudah mencakupi mahasiswa S1.

“Selain pascasarjana, sekarang pembayaran UKT di tahun ini sudah dimulai untuk S1. Selain itu kita juga melayani mahasiswa penerima bidik misi untuk S1,” tutur Direktur  Kepatuhan Bank Sultra, La Utu usai bertemu dengan Rektor UHO, Dr. Zamrun di Rektorat UHO, Senin (14/8).

La Utu meyakinkan kerja sama ini akan saling menguntungkan kedua belah  pihak. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan para mahasiswa adalah tidak lagi mengalami antrian padat saat membayarkan Uang Pangkal maupun UKT.

Dia menjelaskan, Bank Sultra saat ini memiliki 70 kantor yang tersebar di seluruh Sulawesi Tenggara. Jaringan kantor yang luas inilah yang menjadi andalan Bank Sultra untuk memaksimalkan pelayanannya sekaligus memperluas akses perbankan kepada masyarakat.

Selain itu, untuk melayani mahasiswa UHO, Bank Sultra menggunakan teknologi yang mempercepat pelayanan dan memudahkan bagi para mahasiswa. “Kami pakai teknologi host to host, agar meminimalisasi waktu serta jumlah antrian mahasiswa yang begitu banyak,” katanya.

Dia menjelaskan, host to host ini berarti sistem dalam server yang terhubung dengan sistem server lain. Dalam hal ini, server UHO sudah terkoneksi langsung dengan server Bank Sultra sehingga pembacaan data bisa lebih cepat dan lebih aman.

La Utu melanjutkan, dengan host to host tersebut, sistem pembayaran Uang Pangkal maupun UKT di Bank Sultra tidak lagi memerlukan slip pembayaran, melainkan cukup menyebutkan nama dan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) kepada petugas teller. Setelah itu, akan keluar data mengenai jumlah uang yang akan dibayar serta bukti setoran.

Dengan pola ini pula, orangtua mahasiswa yang berada di kampung pun bisa langsung membayarkan Uang Pangkal dan UKT di kantor-kantor Bank Sultra di daerah masing-masing.

“Jadi tidak mesti dibayar di Kendari. Dan bagi mahasiswa yang sudah dibayarkan oleh orangtua di kampung, bukti pembayarannya bisa diambil di Kendari karena ini sistemnya realtime,” katanya.

Selain itu, Bank Sultra juga menyiapkan layanan khusus bagi mahasiswa dan menyediakan sebuah area dengan tenda khusus dan kursi. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan sejumlah kantor Bank Sultra di Kota Kendari, seperti di Anduonohu, Lapulu, Baruga, Pasar  Sentral Kota, Mall Mandonga, Wua – Wua, Kantor Gubernur, Kantor Walikota Kendari, Kantor Perizinan Kota, Saosao, selain di Kampus UHO dan Kantor Cabang Utama.

“Yang paling padat itu di Anduonohu. Jadi Sabtu tetap kami buka untuk melayani pembayaran Uang Pangkal dan UKT” katanya.

La Utu mengklaim, dalam dua hari ke depan pihaknya akan menyelesaikan data untuk 4.000 mahasiswa dan selanjutnya 7.000 mahasiswa.

Di luar itu, La Utu menegaskan, sebagai Bank Daerah yang dimiliki Pemerintah Daerah se Provinsi Sulawesi Tenggara, Bank Sultra senantiasa meningkatkan kontribusi terhadap pembangunan daerah termasuk kemajuan pendidikan melalui layanan perbankan.

Saat ini, sekitar 70 persen karyawan di Bank Sultra, merupakan alumni UHO. Tahun ini, Bank Sultra bahkan  menerima 17 karyawan melalui jalur ODP (Officer Development Program) yang merupakan lulusan UHO. Bank Sultra juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa lulusan terbaik dengan IPK 3,5 ke atas. (p14/c/aha).

To Top