Lingkar Sultra

Kolaka dan Busel Lepas JCH

IST
BUPATI Buton Selatan Agus Feisal Hidayat saat menyalami para JCH asal Busel yang akan menunaikan ibadah haji di tanah suci.

BKK, BATAUGA- Bila tak ada aral melintang, sebanyak 15 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Buton Selatan (Busel) akan diberangkatkan, Selasa pagi ini. Mereka akan menggunakan pesawat Garuda dari Bandara Betoambari, Kota Baubau menuju Kota Makassar, kemudian dilanjutkan ke Jeddah, Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Busel, Muhammad Saleh mengatakan, 15 orang JCH itu terdiri dari delapan orang jamaah laki-laki, tujuh jamaah perempuan.

“Nanti tanggal 16 baru berangkat ke Jeddah,” ungkapnya saat dihubungi melalui via ponselnya, Senin (14/8).

Dikatakan, JCH Busel ini akan tergabung dalam kloter 23. Mereka akan bergabung bersama JCH asal Kabupaten Konawe Selatan, Koloka Timur dan Enrekang, Sulawesi Selatan.

“Jadi sebelum ke Jeddah, mereka akan menginap dulu dalam Asrama Haji Sudiang Makassar. Nanti di sana mereka akan diberangkatkan bersama-sama calon jamaah haji kloter 23,” tambahnya.

Dia menjelaskan, semua JCH ini telah melengkapi semua syarat keberangkatan termasuk dokumen paspor. Ia pun berharap seluruh JCH agar memelihara kesehatannya masing-masing, mengingat cuaca suhu panas di Arab Saudi berbeda jauh dengan Indonesia, khususnya daerah Busel.

“Sebetulnya kesehatan itu yang paling penting. Kemudian, saya juga menghimbau kepada seluruh jamaah haji jangan terpisah dari rombongannya, karena itu akan menyusahkan kita,” tandasnya.

Di Kolaka, Bupati Kolaka H Ahmad Safei juga dijadwalkan melepas secara resmi 270 JCH di Bandara Sangia Nibandera. Kepala Bagian Kesra Kolaka, Andi Wahidah mengatakan, JCH Kolaka akan bergabung dengan Kloter 22 Embarkasi Hasanuddin. Namun tahun ini, jemaah tidak langsung diberangkatkan ke Jeddah, namun diinapkan di Asrama Haji Sudiang selama semalam.

“Ini karena pertimbangan kesehatan jemaah. Sebab ketika sudah berangkat ke tanah suci, tidak ada lagi waktu untuk istirahat. Semua digunakan untuk ibadah,” imbuhnya. (k1-r3/c/aha)

To Top