Lingkar Sultra

Jabatan Sekda Baubau Siap Dilelang

IST
Ilustrasi lelang jabatan Sekda.

BKK, BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau segera melelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), menyusul dinonaktifkannya Muhammad Djudul. Wali Kota Baubau, AS Tamrin yang diwawancarai terkait itu tidak menyebutkan pasti kapan lelang akan dilakukan, namun ia menegaskan lebih cepat lebih baik.

“Makin cepat kan makin bagus, supaya terisi cepat dan ada yang bantu-bantu saya,” tuturnya ketika ditemui di rujabnya, Senin (14/8).

Saat ini kata dia, Pemkot Baubau masih disibukkan dengan banyaknya agenda kegiatan, termasuk perayaan HUT RI. Ia berjanji jika sudah ada waktu lowong, secepatnya akan membuka pendaftaran peserta lelang secara terbuka.

AS Tamrin juga mengaku sudah bersurat ke Pemerintah Provinsi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Bahkan saya pergi langsung ke KASN. Kita juga tinggal tunggu rekomendasi mereka kapan akan dilakukan lelang,” tutur AS Tamrin.

Walikota menyebut tidak memilih kriteria tertentu siapa orang yang akan menduduki jabatan Sekda Baubau nanti. Yang sudah pasti, orang itu harus lolos kriteria aturan yang ditetapkan, termasuk lolos seleksi dan penilaian dari panitia maupun tim assessor. Ia hanya menunggu tiga orang terakhir yang nanti akan diajukan tim pansel.

Karena sifatnya lelang terbuka, siapapun boleh mendaftar, termasuk PNS dari luar Kota Baubau. Wali Kota berharap lebih banyak pendaftar lebih baik, sehingga ada persaingan sehat antar peserta.
Nantinya, setiap peserta yang lolos tahapan akan dilaporkan ke KASN, pada tapahan terakhir tiga terbaiklah yang akan diajukan kepada kepala daerah untuk penentuan.

“Biar nilainya tinggi, kalau tidak ada chemistery dengan saya, kan repot juga. Dia harus jalan baik-baik juga dengan saya,” ungkap AS Tamrin.

Informasi yang beredar, sejumlah nama yang saat ini menjabat sebagai kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan ikut lelang itu. Nama-nama itu diantaranya, Roni Mukhtar yang kini menjabat Kepala Dinas Perhubungan. Roni juga pernah menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah, kemudian Kepala Badan Perencanaan Pembangunan.

Ada juga Abdul Rahim, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan itu pernah juga menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum.

Untuk diketahui, posisi Sekda Baubau saat ini dijabat Asisten III Sekot Baubau Armin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) sejak 1 Juni 2017. (cr7/b/aha)

To Top