Garam Impor Sudah Tiba, Harga Garam di Kota Kendari belum Turun – Berita Kota Kendari
Beranda

Garam Impor Sudah Tiba, Harga Garam di Kota Kendari belum Turun

IST
Ilustrasi garam impor

BKK, KENDARI- Garam impor sudah tiba dari Australia dan sudah disebar, namun garam di Kota Kendari tetap mahal dan langka. Harga berbagai jenis ikan kering (asin) di pasar Kota Kendari melonjak tajam.

Salah seorang pedagang ikan asin di Pasar Baruga, Adi saat ditemui wartawan koran ini mengatakan, Senin (14/7), stok garam di Sultra (Sulawesi Tenggara) kurang, sehingga pedagang ikan asin susah mendapatkan garam,” ungkapnya.

Harga ikan asin jenis kakap semula bisa didapatkan seharga Rp 50 ribu per kilogram (kg), kini Rp 60 ribu sampai Rp 65 ribu per kg.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra Muhammad Ali soal ini mengatakan, kenaikan harga ikan asin itu wajar, karena harga garam di pasar sedang naik.

”Untuk membuat ikan asin itu membutuhkan garam yang agak lumayan banyak, sementara harga garam naik dan stok garam juga kurang,” jelasnya, kemarin.

”Jadi langkah pemerintah untuk menekan kenaikan harga ikan asin di pasar, pemerintah pusat (pempus) mengimpor garam sebanyak 75.000 ton dari Australia,” tuturnya. (p13/c/iis)

To Top