Ribuan Warga Butur Padati Pawai 17an – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Ribuan Warga Butur Padati Pawai 17an

DARSO/BERITA KOTA KENDARI
RIBUAN warga Butur mengikuti pawai pembukaan perayaan HUT RI 72 di Lapangan Raja Jin, Senin (7/8).

BKK, BURANGA – Nuansa kemeriahan perayaan HUT RI ke-72 mulai terasa di Buton Utara. Kemarin, pawai atau defile digelar dan diikuti ribuan warga dengan antusias.

Pawai ini sendiri merupakan acara pembuka dari kegiatan lomba yang menjadi rangkaian penyemarak HUT RI. Pawai yang diikuti perwakilan instansi maupun organisasi kemasyarakatan tersebut dimulai di lapangan Raja Jin Kulisusu, mengintari beberapa kilometer jalan raya, dan berakhir di tempat yang sama.

Bupati Butur, Abu Hasan sebelum melepas rombongan pawai mengatakan akan banyak perlombaan seni, olah raga hingga permainan tradisional yang akan digelar. Dia berharap seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati acara-acara tersebut, sebagai ungkapan syukur atas nikmat kemerdekaan.

“Berbagai kegiatan yang diselenggarakan, tujuannya untuk memupuk jiwa nasionalisme yang mulai tergerus. Jika merefleksi kembali, negeri ini merdeka dari jiwa nasionalisme para pejuang,” katanya.

Lomba dengan tema permainan tradisional juga sengaja dimunculkan agar generasi muda saat ini bisa memahami kandungan kearifan lokalnya. Yang lebih penting lagi, tradisi harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Itu juga merupakan tanggung jawab kita semua untuk menjaga dan melestarikan budaya baik seni maupun permainan tradisional. Olehnya itu, dalam perayaan HUT RI diselenggarakan lomba bernuansa kebudayaan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Butur ini juga meminta para peserta lomba menjaga solidaritas dan sportifitas. Karena itulah semangat utama dari perlombaan ini. (cr10/c/aha)

To Top