Siap-siap! Klinik dan Dokter Swasta Akan Diakreditasi – Berita Kota Kendari
Headline

Siap-siap! Klinik dan Dokter Swasta Akan Diakreditasi

Walikota, H. Asrun, M.Eng.Sc saat meresmikan salah satu klinik swasta, Klinik Diagnostik Rapha

KENDARI, BKK – Di 2019 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), akan melakukan akreditasi klinik dan dokter swasta.

Hal itu diungkapkan Ketua Surveior Akreditasi, Reyni Anasiru SKM M Kes saat diwawancarai disalah satu hotel di Kendari Senin malam (25/7).

Kata dia, untuk akreditasi di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu, yang uji cobanya dimulai didaerah Jawa, yakni Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Jogjakarta.

“Sedangkan untuk akreditasi klinik dan dokter swasta itu akan dimulai di 2019. Akreditasi klinik dan dokter swasta ini dilakukan dalam rangka kita menjaga mutu pelayanan, supaya masyarakat bisa puas, dengan apa yang mereka inginkan,” ungkapnya.

Karena, menurutnya, apalah gunanya memberikan pelayanan, trus tidak dinikmati dengan baik oleh masyarakat. Jadi kepuasan inilah yang dicari dari masyarakat.

“Sebenarnya untuk akreditasi ditingkat puskesmas berdasarkan standar yang dikeluarkan oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 75 tahun 2014 sudah dipenuhi oleh semua puskesmas, namunkan itu dilakukan secara bertahap yang kaitannya dengan anggaran,” paparnya.

Walaupun, kata dia, sebenarnya mereka (puskesmas) mau dengan keadaan yang seharusnya, tapi anggaran tidak menunjang jadi itu dilakukan secara bertahap.

“Tapi pada prinsipnya semua pelayanan di puskesmas sudah baik, sudah mengikuti standar-standar yang ada. Yaitu sarana penunjang-penunjang yang perlu, karena tidak mungkin semua Kemenkes yang harus memenuhinya,” ujarnya..

Untuk itu, pinta dia, daerah juga perlu menyiapkan sarana penunjang itu, baik itu tenaga, fasilitas, dan kalibrasi.

“Memang kalibrasi tidak semua alat yang harus dimulti fungsi, jadi ada alat-alat yang multi fungsi dan ada juga yang tidak. Misal, alat ronsen harus multi fungsi karena itu ada kaitannya dengan radiasi,” tutupnya. (cr6/lex)

To Top