KPU Konawe Gandeng Kejaksaan Monitoring Pelaksanaan Pilkada – Berita Kota Kendari
Suksesi

KPU Konawe Gandeng Kejaksaan Monitoring Pelaksanaan Pilkada

Komisioner KPU Konawe bersama Kajari Unaaha. Foto: Irman/BKK

UNAAHA, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe melakukan kunjungan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha, dalam rangka silaturahmi antar stakholder dan membahas asistensi pendampingan hukum saat pelaksanaan tahapan Pilkada Konawe 2018.

“Agenda ini merupakan bagian dari tahapan KPU yakni melakukan kunjungan silaturahmi dalam rangka membicarakan asistensi pendampingan. Sekaligus memperkenalkan anggota komisioner,” ujar Ketua KPU Konawe Sarmadan di Kantor Kejaksaan Negeri, Selasa (26/7).

Dikatakan Sarmadan, hasil dari kunjungan ini telah disepakati bersama Kejari sebagai lembaga eksternal yang akan membantu dalam hal pengawasan dan pendampingan KPU dalam melaksanakan tekhnis tahapan pilkada. Kerjasama ini, akan dituangkan dalam MoU sebagai bentuk kesepakatan tertulis.

Sehingga setelah penandatanganan nanti, lanjutnya, KPU akan berkoordinasi kepada instansi tersebut jika ada hal prinsip dalam melaksanakan tekhnis pilkada yang perlu dikaji secara hukum.

“Dalam waktu dekat ini juga akan kita gelar penandatanganan MoU. Sepulang dari ini (kunjungan,red) mulai kita susun klausa tekhnis pendampingannya,” paparnya.

Di tempat yang sama Kepala Kejari Unaaha Saiful Bahri Siregar mengaku siap membantu KPU demi mensuksesan Pilkada Konawe nanti. Utamanya terkait hal tekhnis yang memerlukan penjelasan hukum.

Saiful menjelaskan, semua KPU memiliki hak otonom untuk memilih lembaga operasional hukum yang secara undang-undang bertugas memonitoring penyelenggaraan keuangan negara. Termasuk penggunaan anggaran pilkada. Instansi yang dimaksud yakni BPK, kepolisian dan kejaksaan.

“Tujuannya supaya penyelenggaraan Pilkada bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala,” tandasnya. (r4/nur)

To Top