Bertemu Kepala Akademi Departemen Pendidikan Rusia, Supomo Bahas Masalah Pendidikan – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Bertemu Kepala Akademi Departemen Pendidikan Rusia, Supomo Bahas Masalah Pendidikan

Supomo bersama Kepala Akademi Departemen Pendidikan Rusia, Prof Nechaev Mikhail Petrovich (kedua dari kiri) usai melakukan pertemuan pembahasan persoalan pendidikan. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Bakal calon (balon) gubernur Supomo melakukan pertemuan dengan Kepala Akademi Departemen Pendidikan Rusia, Prof Nechaev Mikhail Petrovich, Minggu (23/7) malam.

Pertemuan itu dilakukan di posko pemenangannya dengan membahas mengenai persoalan pendidikan di lintas dua negara khusunya antara Sultra dan Rusia.

Supomo mengatakan, Rusia merupakan negara yang menganut sistem pendidikan yang berbasis modern dengan memfokuskan pada pembentukan karakter sumber daya manusia (SDM) yang cerdas.

“Berdasarkan pengalaman saya bertugas di 11 Negara, Rusia merupakan salah satu negara yang menganut sistem pendidikan modern. Tidak jauh beda dengan Indonesia dalam hal ini Sultra, namun menjadi PR (pekerjaan rumah) adalah pendidikan kita harus berfokus pada pembentukan karakter SDM yang bersaing dan berkualitas tinggi,” kata Supomo.

Olehnya itu, lanjutnya, seorang pemimpin harus bisa membenahi apa yang menjadi persoalan di daerahnya. Termasuk membenahi sistem pendidikan yang ada agar bisa bersaing dengan negara luar.

“Dengan adanya kemitraan sektor pendidikan lintas negara ini, semoga ke depannya pendidikan Sultra bisa berdiri sejajar bukan hanya dengan Rusia melainkan dengan negara-negara lainnya,” harapnya.

Lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1983 ini mengungkapkan, selain melakukan pertemuan dengan Kepala Akademi Departemen Pendidikan Rusia, dirinya juga melakukan pertemuan dengan salah satu tenaga pengajar di Rusia yakni Halehenho Alina.

“Selain itu ada juga tiga mahasiswa yang berasal dari Rusia yang didelegasikan untuk melihat dan mempelajari sistem pendidikan di Sultra yakni Rzhevskaya Anna, Alexandra dan Dmitrieva Anneta,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Nechaev Mikhail Petrovich melalui penerjemahnya mengungkapkan, jika pendidikan di Sultra ini sudah bagus tinggal bagaimana pengelolaan dalam hal SDM-nya.

“SDM itu bisa dikelola dengan baik jika seorang pemimpin daerahnya itu bisa memperhatikan dunia pendidikan,” tuturnya. (m2/nur)

To Top