SMPN 9 Kendari Bebas Asap Rokok – Berita Kota Kendari
Beranda

SMPN 9 Kendari Bebas Asap Rokok

KENDARI, BKK – Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 9 Kendari Milwan mengungkapkan, Minggu (23/7), saat ini baik orang luar yang datang berkunjung di sekolah-sekolah sudah tidak ada lagi yang merokok.

Hal itu diungkapkan setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari meraih penghargaan Pastika Parama dari Kemeterian Kesehatan (Kemenkes), berkait telah menerapkan dan mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), serta kebijakan lain terkait pengendalian konsumsi hasil tembakau.

“Apalagi itu sudah dibuatkan perda oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, sehingga kami di sekolah harus menjalankan perda tersebut,” ujarnya.

Ia memastikan, semua sekolah khususnya di SMPN 9 Kendari sudah tidak ada lagi yang merokok, bahkan puntung rokok pun tidak boleh ada.

“Saya rasa semua sekolah sudah memberlakukan KTR tersebut sejak dua tahun lalu. Tentu untuk mensukseskan penerapan KTR ini dilingkup sekolah, pihaknya sekolah membuat regulasi atau sanksi jika ada yang kedapatan merokok di areal sekolah,” paparnya.

Akan tetapi, kata dia, sanksi yang akan dijatuhkan yang melanggar perda KTR ini masih bertahap, seperti surat teguran dan setelah itu pemanggilan.

“Akan tetapi selama saya memimpin SMPN 9 Kendari, saya belum pernah mendapatkan ada siswa ataupun oknum guru yang merokok di sekolah,” tambahnya.

Namun, lanjut dia, bagi guru yang ingin merokok sebenarnya bisa saja, tapi harus di luar sekolah. Karena, sejauh ini di SMPN 9 Kendari belum ada ruangan khusus atau tempat khusus untuk merokok.

“Untuk mengantisipasi agar tidak ada yang merokok di lingkungan sekolah, kami sudah memasang baliho tentang kawasan tanpa rokok ataupun larangan lainnya,” pungkasnya. (cr6/iis)

To Top