Lelang Jabatan Tujuh Eselon Dua di Bombana, Tunggu Rekomendasi KASN – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Lelang Jabatan Tujuh Eselon Dua di Bombana, Tunggu Rekomendasi KASN

RUMBIA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana telah melakukan sebahagian tahapan seleksi calon pejabat eselon dua yang akan memperebutkan tujuh pimpinan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Namun, belakangan ini berhembus isu jika Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) belum mengeluarkan rekomendasi persetujuan atas rencana pelaksanaan uji kompetensi tersebut.

Dapun tujuh pimpinan SKPD yang diperebutkan adalah Dinas Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Prajia, Dinas Sosial, Badan Penelitian Pembangunan Daerah. Berikutnya Asisten III Setkab, Staf ahli bupati bidang hukum, serta Badan Keuangan Daerah (BKD). Rata-rata seluruh SKPD ini masih dipimpin pejabat pelaksana.

Kepastian akan belum adanya rekomendasi KASN ini dibenarkan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Rusman Idja SPd MSi saat dikonfirmasi Berita Kota Kendari (BKK), akhir pekan kemarin.

“Soal rencana uji kompetensi memang belum memiliki rekomendasi dari pihak KASN, kalau izin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu sudah ada namun harus dikuatkan oleh rekomendasi KASN,” katanya.

Menurut Rusman, hingga kini sudah ada puluhan orang calon pejabat eselon dua yang sudah mendaftarkan diri guna merebut tujuh kursi kepala SKPD itu.

“Kalau pendaftar sudah ada sekitar 22 orang, rata-rata mereka adalah PNS yang berasal dari lingkup Pemkab Bombana sendiri,” ujar Rusman.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, H Burhanuddin A HS Noy SE MSi menjelaskan, besok (hari ini,red) tim seleksi akan menggelar rapat persiapan pelaksanaan uji kompetensi ini.

“Kalau tidak ada halangan maka Senin mendatang (hari ini,red) kita sudah lakukan rapat panitia yang melibatkan tim seleksi,” katanya.

Dalam rapat ini tambah dia, akan dihadiri anggota tim seleksi dari pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN), perwakilan dari akademisi atau perguruan tinggi, serta perwakilan tim seleksi dari Pemkab Bombana sendiri.

Jika rapat tersebut sudah dilakukan, maka tahap dalam proses seleksi nantinya akan segera diketahui termasuk jadwal dan tahapan pelaksanaannya.

“Kepastiannya kita tunggu dulu hasil rapat yang akan digelar dalam waktu ini. Untuk jumlah tim seleksi saya belum tau persis, yang pasti kalau dari pihak BKN dan perwakilan akademisi masing-masing akan diwakili dua orang,” jelas Burhanuddin. (r2/nur)

To Top