MANASIK HAJI Calhaj dari Lambandia yang Paling Banyak – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

MANASIK HAJI Calhaj dari Lambandia yang Paling Banyak

ABDUL RAHIM/BERITA KOTA KENDARI
SUASANA penyelenggaraan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji Kolaka Timur, di Masjid Nurul Yaqin, Ladongi, belum lama ini.

TIRAWUTA, BKK- Tahun ini, peserta calon haji di Kolaka Timur didominasi oleh warga Kecamatan Lambandia. Dari total 140 Calhaj Koltim, 66 diantaranya berasal dari Lambandia.

Jumlah tersebut mengalahkan Tirawuta yang menjadi kota kabupaten. Warga Tirawuta yang akan berhaji tahun ini hanya tercatat sebanyak 14 orang. Sementara sisanya 50 orang dari Kecamatan Ladongi dan 10 orang dari Mowewe.

Data tersebut diambil dari laporan Kantor Kementerian Agama Koltim pada penyelenggaraan Manasik Haji Koltim 2017, yang belum lama ini digelar di Masjid Nurul Yaqin, Ladongi. Jika dipisahkan berdasarkan gender, Calhaj laki-laki sebanyak 80 orang dan Calhaj perempuan 60 orang. Adapun usia Calhaj tertua 82 tahun, dan termuda 27 tahun.

Dalam acara manasik itu, Bupati Koltim Tony Herbiansyah meminta agar para pembimbing menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para Calhaj. Sementara untuk para peserta, diminta menyimak dengan baik seluruh materi manasik agar prosesi ibadah hajinya nanti bisa sesempurna mungkin.

“Yang tak kalah pentingnya adalah menjaga kesehatan fisik, memperhatikan kecukupan pemenuhan gizi makanan, istirahat yang cukup dan banyak berdoa. Semoga kelak semua bisa kembali ke tanah air dan menjadi haji yang mabrur,” harap Tony. (cr8/aha)

 

To Top