Beranda

Korem 143 Halu Oleo Uji Coba Kapal Bantuan Kodam XIV Hasanuddin

KMC Komando mengerem mendadak di laut untuk menghindari tabrakan. (FOTO:Ist)

KENDARI, BKK – Komando Resor Militer (Korem) 143 Halu Oleo (HO) Kendari mengaku gembira dengan adanya bantuan satu unit kapal operasional dari Bekangdam XIV/Hasanuddin.

Pasalnya, KMC Komando dengan nomor lambung AD-16-06 ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki kapal lainnya. Pada Jumat (14/7), diuji coba dengan membawa puluhan awak media di sekitar perairan Kendari.

Sebelumnya, KMC Komando sudaf ini diuji coba selama delapan jam pelayaran dari Kendari menuju Pulau Kabaena.

Dalam uji coba yang berlangsung kemarin, kapal melakukan manuver memutar haluan kiri 360 derajat dengan kondisi kapal berjalan dalam keadaan miring. Tak lama berselang, melakukan manuver memutar 360 derajat, dengan kondisi kapal tetap berada di tempat.

“Perhatian kepada awak kapal dan penumpang, kapal akan melakukan manuver 360 derajat,” ujar Lettu Herri lagi. Kemampuan manuver 360 derajat oleh Kapal ProduksI PT Tesco Indomaritim membuat decak kagum dari para penumpang kapal yakni para awak media di daerah ini.

“Perhatian kepada awak kapal dan penumpang, kapal akan melakukan manuver crash stop atau rem mendadak,” pesan Komandan KMC Komando AD-06-16 Letnan Satu (Lettu) Heri Iswanto melalui pembesar suaranya yang terdengar di anjungan kapal.

Kapal kembali dipacu dengan kecepatan maksimal dan langsung dilakukan rem mendadak. Kapal pun terhenti mendadak hingga membuat air laut meluber hingga di anjungan dan buritan kapal yang membuat semua penumpang di anjungan tersiram air laut.

Selanjutnya, kapal kembali bergerak menuju Pulau Bokori. Kapal terlihat sandar di bibir pantai meskipun kedalaman pantai tidak lebih dari 1 meter.

Komandan Detasemen Pembekalan dan Angkutan (Dandenbekang) XIV/5 Kendari Mayor Cba Hariyoto mengatakan, manuver yang diperagakan KMC Komando merupakan bagian dari kemampuan yang dimiliki kapal.

“Begitu juga dengan manuver crash stop tadi, itu adalah salah satu keunggulan kapal ini sehingga bisa menghindari tabrakan ditengah pelayarannya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Komandan Korem (Danrem) 143/HO Kolonel Inf Andi Perdana Kahar SH melalui Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 143/HO Mayor Inf Azwar Dinata, mengaku gembira dengan kehadiran satu unit Kapal KMC Komando.

“Ini merupakan kebutuhan bagi TNI-AD karena Sultra memiliki karateristik wilayah kepulauan. Sehingga kehadiran KMC Komando di wilayah Korem 143/HO sangat dalam melaksanakan tugas pokoknya,” katanya.

Azwar menjelaskan Kapal Motor Cepat Komando ini merupakan hasil karya anak negeri, yang terdiri dari para Perwira Direktorat Pembekalan dan Angkutan TNI AD yang bekerja sama dengan tenaga ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS). Dan, tenaga pelaksana pembangunan dari PT Tesco Indomaritim.

KMC Komando yang diterima oleh Korem 143/HO ini, sebut dia, memiliki kecepatan 40 knots dan dapat dimaksimalkan dalam situasi tertentu sampai 43 knots.

Masih kata Azwar, kemampuan lain yang di miliki KMC Komando dapat menampung 31 penumpang plus empat awak kapal. Kapal ini juga mampu digunakan untuk pendaratan pasukan di pantai serta mampu berlayar terus menerus sejauh 250 nautical mile.

“KMC Komando ini juga mampu dioperasikan di laut dalam, di garis pantai (kedalaman 1 meter tidak dengan kecepatan maksimal), sungai dan daerah rawa. Keunggulan lain yang dimiliki kapal KMC adalah dapat mengerem secara mendadak, Kemampuan ini belum tentu dimiliki oleh kapal yang lain,” pungkasnya. (man/iis)

To Top