Beranda

Catat! Ini 5 Wilayah yang Apabila Kebakaran Sulit Dipadamkan

Ilustrasi

KENDARI, BKK- Menurut catatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari, ada 5 wilayah yang apabila terjadi kebakaran di daerah itu akan sangat sulit memadamkannya.

Pasalnya, wilayah tersebut merupakan permukiman yang padat huni, sehingga mobil damkar kesulitan melakukan penetrasi.

“Permukiman yang sulit dilakukan pemadaman terdiri dari lima wilayah, yaitu Kecamatan Mandonga, Puuwatu, Kadia, Wuawua, dan Poasia,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Kendari Junaidin Umar.

Menurut dia, pada dasarnya semua wilayah di Kota Kendari rawan terjadi kebakaran, cuman memang ada tempat-tempat tertentu yang agak sulit untuk dipadamkan.

“Itu disebabkan karena terletak di pemukiman yang padat huni,” katanya.

Dalam 6 bulan ini, terhitung sejak Januari hingga Juni, sudah terjadi 46 kebakaran di Kota Kendari.

Angka ini, tutur Junaidin Umar, menunjukkan tren menurun dibanding tahun sebelumnya ketika memasuki bulan Juni sudah 100 kali kebakaran terjadi.

Ia juga membeberkan, dari seluruh kebakaran yang terjadi tahun ini, sebanyak 70 persen disebabkan arus pendek (korsleting).

“Selebihnya itu kebakaran lahan yang disebabkan puntung rokok,” paparnya.

Bagaimana dengan kondisi armada damkar? Sebenarnya, kata dia, armada yang ada saat ini sudah cukup, tapi sebaiknya dilakukan penambahan armada.

“Apalagi dengan makin bertambahnya penduduk di Kota Kendari, sehingga kami sangat harapkan selain bantuan kendaraan kami juga sangat menginginkan adanya penambahan satu armada lagi,” ujarnya. (cr6/iis)

To Top