BPHTB Penyumbang Terbesar PAD Kota Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

BPHTB Penyumbang Terbesar PAD Kota Kendari

KENDARI, BKK – Di tengah perlambatan ekonomi dunia, Pemerintah Kota Kendari optimis tahun ini bisa melampaui capaian pendapatan asli daerah (PAD) tahun lalu.

Demikian Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Hj Nahwa Umar kepada wartawan koran ini.

Tahun lalu, ungkap dia, PAD berhasil menyentuh angka Rp 182 miliar. Tahun ini, memasuki bulan ketujuh PAD sudah mencatat Rp 83 miliar.

“Jadi jika kita hitung-hitung, ya, kita harapkan capaian PAD tahun ini minimal bisa sama dengan tahun lalu,” ujarnya.

Masalahnya sekarang, terang dia, pemerintah pusat saja sedang pusing karena target pajak tidak tercapai.

“Tapi di Kendari target pajak selalu mencapai target,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, di perubahan anggaran ini pihaknya menambah lagi beberapa komponen, seperti restoran dan rumah makan.

“Pokoknya di perubahan anggaran hampir setiap komponen kita menambah. Penambahan komponen itu dimaksudkan karena adanya peningkatan,” paparnya.

Lebih jauh, Nahwa Umar merinci, penyumbang terbesar PAD yaitu Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Penerangan Jalan (PPJ) baik PLN maupun non-PLN. Bahkan, lanjut dia, restoran dan rumah sakit (RS) juga ikut ambil bagian.

“Kita akan upayakan tahun ini capaian PAD bisa melampaui capaian PAD tahun sebelumnya, akan tetapi minimal tidak capaian PAD tahun ini minimal bisa seperti tahun sebelumnya,” paparnya.

“Akan tetapi, berdasarkan pengalaman sebelumnya, capaian PAD selalu mengalami peningkatan dibanding sebelumnya,” kata dia.

“Itu berdasarkan instruksi yang dilayangkan Wali Kota Kendari, agar dalam pengelolaan keuangan meskipun selisihnya cuman dua rupiah yang penting ada peningkatan dari tahun sebelumnya,” tambah Nahwa.

“Kita optimis tahun ini capaian PAD kita bisa di atas tahun sebelumnya. Tentu itu kita harus bekerja keras dengan mengembangkan sektor-sektor penyumbang PAD. Jika kita cuman diam saja, maka apa yang bisa kita dapat,” jelasnya.

Ia berharap, kondisi perekonomian bisa membaik secara nasional, karena itu sangat menentukan sekali. (cr6/iis)

To Top