Headline

Tiga Hari Lagi, Garuda Operasikan Rute Makassar – Raha

VP PT Garuda Indonesia Region Sukapua I Wayan Supatrayasa melakukan penandatangan MoU dengan Bupati Muna LM Rusman Emba di Makassar, Rabu (12/7) malam. Foto: IST

KENDARI, BKK – Maskapai penerbangan yang akan beroperasi di Bandara Sugimanuru Muna Barat bakal bertambah. Setelah Lion Air, giliran PT Garuda Indonesia Tbk juga akan rute penerbangan bandara Hasanuddin Makassar – bandara Sugimanuru Mubar.

Kepastian pengoperasian pesawat Garuda di Bandara Sugimanuru, setelah PT Garuda Indonesia Tbk melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Muna, Rabu (12/7) malam di Makassar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna, Nurdin Pamone kepada jurnalis BKK melalui telepon selulernya menyebutkan, MoU ditandatangani Vice President Kalimantan, Sulawesi, Papua Region PT Garuda Indonesia Tbk, I Wayan Supatrayasa dengan Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Dalam penandatangan tersebut, Bupati Muna didampingi Sekda Muna Nurdin Pamone, Kadis Pariwisata Muna Dahlan, Dahlan Kalega, dan Wakil Ketua DPRD Muna, LM Arwin Kadaka.

Dalam acara tersebut, pihak Garuda menyambut baik penandatangan MoU.

“Alhamdullah kami sangat senang, karena yang ditunggu-tunggu Pemda Muna dapat kita wujudkan, dengan membuka rute baru Makassar – Muna,” kata I Wayan Supatrayasa seperti dikutip Antara.

Wayan mengatakan, Garuda mulai beroperasi Senin (17/7) mendatang. Pesawat yang akan dioperasikan jenis ATR 72-600 dengan tujuh seat. Sebenarnya Garuda akan menyiapkan kapasitas 50 seat tapi masih terkendala keterbatasan sarana landasan.

Garuda akan melakukan penerbangan tiga kali seminggu, setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

Pesawatnya terbang dari Bandara Hasanuddin pukul 07.45 Wita, sedangkan dari Bandara Sugimanuru pukul 09:35 Wita.

“Potensi di Muna itu sangat besar, sehingga dengan pembukaan rute baru itu akan memberikan dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat di Muna,” katanya.

Bupati Muna, Rusman Emba mengatakan, dengan adanya rute baru tersebut maka efektivitas perjalanan akan lebih baik, karena hanya memakan waktu sekitar setengah jam.

“Kondisi itu pula akan memicu produktivitas di daerah ini, sekaligus membuka akses potensi yang ada di daerah kami,” katanya.

Rusman menambahkan, masuknya Garuda akan meningkatkan perkembangan sektor pariwisata di Muna.

Menurut dia, di Muna potensi pariwisatanya tidak kalah dengan daerah lainnya di Sulawesi Tenggara, termasuk daerah pariwisata yang sudah terkenal seperti Wakatobi.

“Wisata laut, gua dan wisata alam semua ada di Muna dan sangat potensial sebagai destinasi wisata,” ujarnya.

Rencana beroperasinya Garuda di Bandara Sugimanuru telah dibicarakan bersama Pemkab Muna dengan Garuda oleh Bupati Muna tak lama dia dilantik.

Bupati Muna menghadiri acara yang dilaksanakan PT Garuda Indonesia tentang wisata Indonesia di Hotel Ritz Carlton Jakarta, 14 Maret lalu. (r1/lex)

To Top