Pendidikan

Hari Ini, PPDB Tahap Dua Jenjang SD dan SMP di Kendari Dibuka

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Sartini Sarita (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap dua untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kendari mulai dibuka hari ini, Rabu (12/7). Ini diperuntukkan bagi calon siswa baru yang belum terdaftar pada satuan pendidikan berdasarkana hasil seleksi tahap satu, .

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Sartini Sarita mengatakan, pendaftaran tahap dua secara ofline itu berlangsung sampai, Kamis (13/7). Hal ini mengacu pada ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 17 Tahun 2017.

Adapun lokasi pendaftaran untuk jenjang SMP bertempat di sekretariat panitia PPDB Dikmudora Kota Kendari. Sedangkan untuk SD, bertempat di masing-masing satuan pendidikan di bawah koordinasi Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dinas pendidikan setempat.

“Untuk persyaratan berkas yang harus dibawah pada saat mendaftar sama dengan berkas pendaftaran sebelumnya, bukti pendaftaran PPDB online dan lembar verifikasi data yang telah ditandatangani panitia satuan pendidikan masing-masing sekolah,” jelas Sartini di ruang kerjanya, Selasa (11/7)

Sementara itu, Koordinator PPDB Kota Kendari, Makmur Tote mengatakan, tujuan dibukannya PPDB tahap dua dikarenakan melihat data statistik yang diterima Dikmudora Kota Kendari, masih banyak calon peserta didik baru yang belum terdaftar. Khusus jenjang SMP, tercatat masih ada 618 orang dan SD 118 orang.

“Sehingga komitmen kita dan berdasarkan undang-undang (UU) semua anak harus mendapatkan (tempat bersekolah) tanpa terkecuali sehingga kita buka PPDB tahap dua ini sesuai ketentaun,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dalam Permendikbud nomor 17 Tahun 2017, sudah mengatur tentang persyaratan yang mana peserta didik baru mesti memilih sekolah terdekat dari tempat ia berdomisili. Hal itu pun menjadi salah satu penentu kelulusan calon siswa baru itu sendiri.

“Sekolah yang sudah terpenuhi kuotanya kita berikan kesempatan membuka kelas dengan catatan sarana dan prasarana memadai seperti kursi, meja dan ruang belajar,” terangnya.

Ditambahkannya, hasil PPDB tahap dua tersebut akan diumumkan paling lambat 15 Juli mendatang.(p12/nur)

To Top