Dua Mantan Komisioner KPU Konsel Divonis 15 Bulan Penjara – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Dua Mantan Komisioner KPU Konsel Divonis 15 Bulan Penjara

KENDARI, BKK – Dua mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) yakni Yusran dan Sutamin Rembasa, akhirnya dijatuhi vonis lima belas bulan penjara dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kendari, Selasa (11/7).

Dalam sidang putusan kasus dugaan korupsi rental mobil fiktif, melalui dana hibah penyelanggaran pemilihan Bupati Konsel 2016 lalu ini, Majelis Hakim Irawati Abidin menjatuhi vonis terhadap dua terdakwa lebih ringan tujuh bulan dari tuntutan jaksa.

“Karena terbukti bersalah, terdakwa dijatuhi vonis satu tahun tiga bulan hukuman penjara dan denda Rp 50 juta serta subsider satu bulan penjara apabila tidak dapat membayar denda,” ungkapnya dalam sidang.

Putusan ini, lanjut dia, lebih ringan dari tuntutan jaksa dikarenakan para terdakwa dinilai telah melakukan tindakan kooperatif selama proses persidangan berlangsung.

“Betul, vonis dua terdakwa ini lebih ringan dari tuntan jaksa dan itu karena mereka bersikap kooperatif,” jelasnya.

Berkait hal ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Andoolo, Desy mengatakan, pihaknya akan menggunakan waktu tujuh hari untuk melakukan koordinasi dengan pimpinannya terkait putusan majelis hakim.

“Kita tuntut para terdakwa ini selama satu tahun sepuluh bulan penjara dan subsidernya selama tiga bulan namun putusan hakim ternyata lebih ringan,” terangnya.

Sementara itu, Darwis selaku Penasihat Hukum terdakwa Yusran menuturkan, pihaknya juga masih akan mempertimbangkan putusan hakim dan tidak menutup kemungkinan akan melakukan banding.

“Kita akan kaji dulu ini, kalau memang sudah baik kita tidak akan banding,” pungkasnya. (cr5/iis)

To Top