Kasuistika

Setelah 4 Minggu, Polisi Baru Lapor ke Jaksa

RAHA, BKK- Kasus oknum polisi tembak warga Tampo Kabupaten Muna baru dikirim ke jaksa Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP), nanti setelah 4 minggu setelah kejadian.

Diketahui, korban bernama La Ode Fihu (43) tewas di tangan oknum polisi berpangkat brigadir berinisial Aw. Kasus ini ditangani penyidik Kepolisian Resor (Polres) Muna.

Kepala Kejaksaan Negeri (kajari) Muna Badrut Tamam SH MH mengatakan, Kamis (6/7), SPDP kasus ini sudah masuk pada 3 Juli lalu.

“Dalam SPDP ini oleh penyidik Polres Muna, oknum Aw dijerat pasal 351 ayat 3 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penganiayaan yang Menyebabkan Matinya Orang,” terangnya.

“Ancaman hukuman pasal ini adalah 7 tahun pidana penjara. Kemudian oknum Aw juga dijerat pasal 359 KUHP yaitu Kelalaian yang Menyebabkan Matinya Orang. Ancaman pasal ini 5 tahun penjara,” lanjutnya.

Kajari juga menjelaskan, perkara ini adalah perkara penting. Oleh karena itu, kata dia, pihaknya telah menunjuk 2 jaksa penuntut umum (JPU) yang menangani perkara ini.

“Saat ini kami melakukan pemantauan terhadap perkembangan penyidikan kasus ini di Polres Muna. Kami juga membuka ruang konsultasi kepada penyidik Polres Muna, agar kasus ini cepat diproses,” tambahnya. (r1/iis)

To Top