PDIP Survei 10 Balon untuk Diusul ke DPP – Berita Kota Kendari
Suksesi

PDIP Survei 10 Balon untuk Diusul ke DPP

Nursalam Lada (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyelesaikan tahapan pendaftaran bakal calon (balon) gubernur dan balon wakil gubernur (wagub) untuk Pemilihan Gubernur Sultra 2018 mendatang.

Dari total empat belas balon yang mengambil formulir pendaftaran balon, hanya sembilan balon gubernur dan satu balon wagub yang resmi mengembalikan sekaligus mendaftarkan diri melalui partai besutan Megawati Soekarno Putri.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDIP Sultra Nursalam Lada mengatakan, saat ini DPD PDIP Sultra sudah menutup proses pendaftaran balon gubernur dan balon wagub. Dari 14 figur balon yang mengambil formulir pendaftaran, hanya 10 balon yang mengambalikan formulir pendaftaran yang terdiri dari sembilan balon gubernur dan satu balon wagub.

“Sembilan balon gubernur yakni Ir Hugua, Lukman Abunawas, Rusman Emba, Ridwan Bae, Supomo, Tina Nur Alam, Asrun, Rusda Mahmud dan Ali Mazi. Sedangkan balon wagub hanya Sjafei Kahar,” katanya saat ditemui di sekretariat DPD PDIP Sultra, Kamis (6/7).

Dikatakannya, saat ini DPD PDIP Sultra tengah mempersiapkan proses survei terhadap balon yang resmi mendaftarkan diri melalui PDIP Sultra untuk kemudian diusulkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPP) PDIP.

Lelaki yang juga menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra ini menambahkan, untuk tahapan survei nantinya DPD PDIP Sultra akan melakukan pada Juli mendatang dengan menggunakan lembaga survei Indo Barometer.

“Pada pertengahan Juli akan dilakukan survei terhadap balon yang sudah resmi mendaftarkan diri di PDIP. Lembaga surveinya itu Indo Barometer yang nantinya akan ditanggung secara gotong royong oleh masing-masing balon,” bebernya.

Setelah itu, lanjutnya, pihaknya akan melakukan pleno di tingakat DPD, lalu hasilnya dilanjutkan ke DPP untuk kemudian diproses, dan mengeluarkan rekomendasi terkait figur yang akan diusung dalam Pilgub 2018 mendatang.

“Yah kewenangan kita di DPD kan hanya membuka penjaringan, untuk rekomendasi figur yang akan diusung merupakan domain DPP, ” jelasnya.

Diketahui, sebelumnya ada 14 figur yang mengambil formulir pendaftaran balon di DPD PDIP Sultra terdiri dari 12 balon gubernur yakni Ir Hugua, Rusda Mahmud, Ali Mazi, Rusman Emba, Ridwan Bae, Abdul Rahman Farisi, La Ode Masihu Kamaluddin, Lukman Abunawas, Supomo, La Ode Ida, Tina Nur Alam dan terakhir Asrun dan untuk wakil itu Sjafei Kahar dan Jaffray Bittikaka.

Namun, dari 14 figur tersebut hanya 10 figur yang resmi mengembalikan formulir pendaftaran terdiri dari sembilan balon gubernur dan satu balon wagub. Sementara empat lainnya yakni Abdul Rahman Farisi, Prof La Ode Masihu Kamaluddin, La Ode Ida dan Jaffray Bittikaka sampai pengembalian formulir pendaftaran ditutup sama sekali tidak mendaftarkan diri. (m2/lex)

To Top