Bupati Harap Sengketa Lahan UPT Roda dan PT Tiran Segera Selesai – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati Harap Sengketa Lahan UPT Roda dan PT Tiran Segera Selesai

MARWAN TOASA/BERITA KOTA KENDARI
BUPATI Konsel, Surunuddin Dangga saat melakukan pertemuan dengan pihak PT Tiran di Rujab Bupati Konsel, Kamis (6/7).

ANDOOLO, BKK- Sengketa lahan yang melibatkan Unit Permukiman Transmigrasi Roda dan PT Tiran di Kecamatan Kolono akhirnya menemui titik terang. Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan telah membentuk tim penyelesaian sengketa lahan untuk mengakhiri konflik yang berlangsung cukup lama tersebut.

Bertempat di Rumah Jabatan Bupati Konsel, Kamis (6/7), dua pihak yang bersengketa itu dipertemukan. Mereka pun sama-sama menadatangani berita acara kesepakatan pembentukan tim itu.

Acara ini disaksikan langsung oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga serta Wakil Bupati Arsalim Arifin. Turut hadir pejabat dari Dirjen PK Trans Kemendes, PDT Transmigrasi, Dirjen Perkebunan Kementan RI, Plt Dirjen PKP2Trans Kemendes, PDT dan Transmigrasi.

Dalam kesempatan itu, Bupati berhadap momentum ini bisa segera menyelesaikan sengketa itu. Dia mengatakan, lahan PT Tiran yang tumpang tindih dengan lahan pemukiman transmigrasi UPT Roda, siap dipindahkan di sekitar lokasi pemukiman dan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

Bupati juga akan merevisi SK Pencadangan Kawasan Transmigrasi di Desa Roda Kecamatan Kolono, yang awalnya seluas 1.000 hektar menjadi 500 hektar. “Selanjutnya sisa lahan 500 hektar akan dicadangkan kembali oleh pemerintah daerah ke wilayah lain,” terangnya.

Surunuddin menambahkan, Pemkab menginginkan agar hak seluruh pihak yang berkepentingan tidak saling melanggar. Di sisi lain, dia mendukung iklim investasi di daerahnya. Namun dia juga memberikan komitmen untuk menyejahterakan masyarakat transmigran. (cr13/aha)

To Top