Aset Daerah Tak Bergerak akan Diberikan Label – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Aset Daerah Tak Bergerak akan Diberikan Label

RAHA, BKK- Pemerintah Kabupaten Muna terus melakukan penertiban asetnya, berpacu dengan waktu dalam penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Sulawesi Tenggara. Dalam waktu dekat ini, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Muna akan fokus pada aset-aset daerah yang tidak bergerak, seperti tanah dan rumah dinas.

Kepala BKAD Muna, Aris Asis mengungkapkan, BPK Sultra sudah mengarahkan Pemkab Muna agar segera mendata seluruh aset tak bergeraknya. Bahkan jika perlu, rumah-rumah dinas dan lahan milik pemerintah diberikan label atau stiker.

Pelabelan ini pun ada tiga tingkatan, yakni A, B dan C. “Tipe A dan B adalah aset yang tidak boleh dimiliki. Ini akan kami tertibkan semua,” kata Ari.

Dia melanjutkan, penanganan aset daerah tak bergerak, harus dibedakan dengan penanganan aset bergerak atau kendaraan dinas. Pasalnya, aset randis nilainya semakin lama semakin menyusut.

Sedangkan aset rumah dan tanah, semakin lama semakin mahal. Karena itu, rumah dinas dan lahan milik Pemda Muna, tidak bisa dihapuskan seperti randis. “Yang akan kita hapuskan itu cuma randis yang secara ekonomi sudah tidak ada nilainya. Tapi kalau masih punya nilai ekonomi, akan kami lelang,” tambahnya.

Dia juga menghimbau agar para PNS yang menempati rumah dinas maupun yang menempati lahan milik Pemkab Muna, jangan lagi bertanya-tanya saat ada tim memasang label di rumah mereka. Tetapi tim tersebut, kata dia, akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi agar mereka bisa paham. (r1/aha)

To Top