Tahapan Pilgub Sudah Dimulai – Berita Kota Kendari
Headline

Tahapan Pilgub Sudah Dimulai

Hidayatullah

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra tengah mempersiapkan seluruh tahapan dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 mendatang.

Tahapan itu dimulai sejak dikeluarkannya tahapan dan KPU menetapkan pada 4 Juli kemarin dan saat ini sudah memasuki tahapan persiapan Pilgub 2018 mendatang.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, dalam proses tahapan pelaksanaan PIlgub itu ada dua tahapan yakni tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Untuk saat ini, kata dia, Pilgub Sultra sudah memasuki tahapan persiapan.

“Sekarang kita memasuki tahapan persiapan untuk secara nasional itu sudah sejak 14 Juni diloncing. Sementara untuk di Sultra sejak keluarkan tahapan keputusan Nomor 1 Tahun 2017 maka kita sudah memasuki tahapan persiapan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/7).

Lelaki yang akrab disapa Dayat ini menambahkan, dalam melakukan persiapan seluruh tahapan akan dilakukan itu terkait dengan penyusunan pedoman teknis terkait dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan

Kepala Daerah (Pilkada) tentunya lebih awal dengan adanya petunjuk lima Peraturan KPU.

“Kedua kita melakukan sosialisasi kepada semua stakeholder dan masyarakat terkait dengan regulasi-regulasi pelaksanaan tahapan Pilgub. Selain itu, kita juga akan melakukan konsolidasi internal dengan kesiapan 17 KPU kab/kota se-Sultra,” tambahnya.

Dijleskannya, pihaknya juga akan mencoba membangun upaya konsolidasi dengan seluruh instansi yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan Pilkada yang nantinya akan ada Momerandum of Understanding (MoU) yang diantaranya pihak kepolisian, kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra dalam pendampingan hukum serta hal-hal yang berkaitan dengan sengketa maupun Tata Usaha Negara (TUN).

“Kita juga akan bekerja sama dengan pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta TNI-Polri dan media massa demi mensukseskan Pilgub ini,” jelasnya.

“Jadi mulai tanggal 4 Juli kemarin tahapan pelaksanaan Pilgub kita sudah laksanakan dan loncingnya nanti akan seremonikan paling lambat Agustus mendatang,” bebernya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini menjelaskan, yang paling dipersiapkan dalam pelaksanaan Pilgub ini adalah internal KPU dalam persiapan pembentukan badan ad hok panitia pemilihan kecamatan (PPK) panitia pemungutan suara (PPS) yang betul-betul berkulitas pada 12 Oktober mendatang.

“Kendatipun saat ini kita belum dapat DP4 dari pemerintah tetapi daftar pemilih (DP) yang digunakan adalah DP Pemilu terakhir yang sudah kami miliki dan akan dikonsolidasikan dari awal agar betul-betul tidak terjadi lagi permasalahan,” ujarnya.

Masih kata Dayat, hal ini dilakukan karena sesuai dengan catatan yang ada dalam setiap pelaksanaan Pilkada baik Pilkada 2015 maupun Pilkada 2017 problem terbesar itu ada pada akurasi dan validasi data pemilih.

“Tetapi sekarang lebih terukur karena memang standarnya adalah kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) atau surat keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatab Sipil (Disdukcapil),” pungkasnya. (m2/lex)

To Top