IDI Selidiki Perempuan yang Diduga Dokter Gadungan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

IDI Selidiki Perempuan yang Diduga Dokter Gadungan

LUIS/BKK
Ketua IDI Kolaka Utara, Dr Syarif Nur

LASUASUA, BKK- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kolaka Utara membenarkan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyelidiki seorang perempuan yang diduga kuat sebagai dokter gadungan. Dokter gadungan berinisial D tersebut saat ini bertugas di Puskesmas Pakue Utara.

Ketua IDI Kolut, Dr Syarif Nur mengungkapkan, munculnya dugaan dokter gadungan itu setelah warganet meributkannya di media sosial (medsos). Di samping itu, ada juga aduan dari perawat puskesmas.

“IDI sudah menerima aduan tentang dugaan dokter gadungan itu. Namun untuk mengetahui atau memastikan apakah dokter tersebut gadungan atau asli, harus menunggu hasil dari penyelidikan pihak yang berwajib,” kata Syarif, Rabu (5/7).

Menurut Syarif, Dokter D itu baru dua hari bertugas di puskesmas. Kecurigaan muncul saat perawat puskesmas mendapati obat yang diracik sang dokter, tidak sesuai dengan standar.

“Sebelum bertugas di puskesmas, dokter tersebut pernah datang (melapor) ke rumah sakit. Tapi saya tidak sempat bertemu,” ujar Syarif yang merupakan Direktur RSUD Kolut ini.

Dokter D juga dilaporkan sudah bertemu dengan Kadis Kesehatan untuk meminta kontrak non PNS. Kadis Kesehatan kemudian memintanya untuk melengkapi adimistrasi, STR dan rekomendasi dari IDI Kolut.

Yang mengherankan, Dokter D sampai saat ini belum melengkapi admintrasinya, namun sudah melakukan tugas sebagai dokter umum di puskesmas. “Setelah kami berkoordinasi dengan dinas kesehatan, yang bersangkutan ternyata belum mendapatkan rekomendasi karena berkasnya belum lengkap,” kata Syarif.

Pihak IDI juga sudah berkoordinasi dengan IDI pusat, dengan mengakses nama-nama dokter resmi dibawah naungan IDI. “Dari ribuan dokter yang tercatat di counsil, tidak ditemukan registrasi atas nama dokter tersebut,” jelas Syarif.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Polsek Pakue belum memberikan tanggapan. (cr11/aha)

To Top