Hanura Mulai Buka Penjaringan Balon Gubernur – Berita Kota Kendari
Suksesi

Hanura Mulai Buka Penjaringan Balon Gubernur

Sekretaris tim pemenangan Ali Mazi, M Asnan La Amba mengambil formulir diterima tim penjaringan DPD Partai Hanura Sultra.

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Sultra mulai membuka penjaringan bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur (wagub), Rabu (5/7).

Dalam melakukan penjaringan ini, DPD Partai Hanura memberikan peluang bagi seluruh kader terbaik Sultra yang berkeinginan untuk ikut ambil bagian dalam mecalonkan untuk ikut bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.

Ketua tim penjaringan DPD Hanura Sultra Slamet Durasim mengatakan, pihaknya telah resmi membuka pendaftaran balon gubernur dan wagub yang dimulai hari ini (Rabu 5/7) kemarin.

“Iya hari ini (kemarin red) kami telah resmi membuka pendaftaran balon gubernur dan wagub,” katanya saat ditemui di Sekretariat DPD Hanura Sultra kemarin.

Dikatakannya, dalam melakukan penjaringan di Pilgub Sultra, Partai Hanura merupakan partai yang terbuka untuk umum dalam artian memberikan kesempatan baik itu kader partai maupun bukan yang ingin berpartisipasi dalam konstetasi politik 2018 mendatang.

Ia menambahkan, pihaknya membuka pendaftaran dengan rentan waktu yang cukup panjang, yakni hingga 18 Agustus mendatang.

Untuk selanjutnya, kata dia, Setelah para figur baik balon gubernur maupun balon wagub mengembalikan formulir pendaftaran, pihaknya juga akan melakukan survei terhadap para kandidat, dengan melibatkan lembaga survei.

“Kita pasti akan melakukan survei dong, seperti apa penerimaan masyarakat terhadap para kandidat yang mendaftar,” jelasnya.

Dijelaskannya, soal partai koalisi, Partai Hanura terbuka dengan partai politim (parpol) mana pun. Akan tetapi, kata dia, hal itu merupakan tanggung jawab masing-masing balon untuk mencari koalisi partai.

“Kalau untuk koalisi partai biarkan figur yang mencarinya. Yang pasti, kami selalunya tercepat mengeluarkan rekomendasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini Partai Hanura hanya memiliki 3 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra. Sehingga untuk dapat mengusung satu pasangan calon Gubernur dan Wagub Sultra di Pilgub Sultra 2018 mendatang masih membutuhkan 6 kursi tambahan.

Dihari pertama tahapan penjaringan Balon Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang dibuka oleh DPD Partai Hanura langsung dimanfaatkan sejumlah figur, salah satunya Ali Mazi.

Ali Mazi, yang mendelegasikan sekretaris tim pemenangannya, M Asnan La Amba untuk mengambil formulir.

“Saya mewakili Pak Ali Mazi mengambil formulir di Hanura hari ini,” ujarnya kepada TenggaraNews.com.

Delegasi Ali Mazi ini juga mengklaim, bahwa berdasarkan hasil survei di Bulan Maret lalu, posisi mantan Gubernur Sultra itu berada di urutan pertama untuk tingkat elektabilitas. Dan hal inilah yang menjadi alasan pihakya mengikuti tahapan pendaftaran ke beberapa Parpol seperti Hanura.

Menurut dia, semua partai menginginkan kemenangan, dan hasil survei menjadi acuan bagi setiap Parpol, untuk memutuskan figur mana yang akan diusung dalam hajatan politik di bumi anoa ini.

Saat ditanya terkait komunikasi politik yang ditempuh Ali Mazi, terhadap elit Partai Hanura di DPP, Asnan memastikan hal itu sudah dijalani.

“Pengurus DPP kan tinggalnya di Jakarta, sedangkan beliau (Ali Mazi) juga tinggal di ibu kota itu. Jadi silahkan saja mengartikannya, seperti apa langkah politik yang dilakukan Pak Ali Mazi” pungkasnya.(m2/lex)

To Top