Pendidikan

330 Calon Mahasiswa Baru IAIN Kendari Lolos UM PTKIN

Suasana Seleksi UM PTKIN IAIN Kendari beberapa hari yang lalu (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari mengumumkan kelulusan 330 calon mahasiswa baru yang telah mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

Berdasarkan data yang dimiliki panitia pusat UM PTKIN, Pendaftar IAIN Kendari tercatat sebanyak 754 orang yang tersebar dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Ketua Panitia Lokal UM PTKIN IAIN Kendari, Husain Insawan mengatakan, penetapan kelulusan yang dilaksanakan di Mataram cukup ketat dengan berdasarkan scoring nilai hasil ujian yang didapatkan calon mahasiswa.

“Dari 754 lebih pendaftar itu hanya 330 orang yang nilainya mencapai score minimal yaitu 70, padahal kami menyiapkan kuota sebanyak 500 kursi dari jalur UM PTKIN ini,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (5/7).

Ia menjelaskan, jumlah calon mahasiswa baru terbanyak berada pada Program studi Pendidikan Agama Islam, disusul Perbankan Syariah, Ekonomi Syariah, Tadris Bahasa Inggris, dan Pendidikan Guru  Madrasah Ibtidaiyyah. Sedangkan sisanya merata pada 14 program studi lainnya di empat fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Ia menuturkan, pendaftaran ulang bagi yang dinyatakan lulus sudah dibuka pasca pengumuman hingga 14 Juli 2017, dengan melengkapi persyaratan yaitu surat keterangan hasil studi, foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar dan fotokopi KTP atau kartu keluarga.

Husain Insawan menambahkan, IAIN Kendari masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ujian lokal atau jalur prestasi local dan berlaku bagi lulusan MA/SMA sederajat semua angkatan.

“Pendaftaran sudah dimulai 2 Juni sampai dengan 14 juli 2017. Panitia menyiapkan kuota sebanyak 300 kursi untuk jalur ujian lokal. Sedangkan untuk jalur prestasi terbuka bagi pendaftar yang memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik tingkat daerah maupun tingkat nasional,” pungkasnya. (p12/lex)

To Top