Sprindiknya Berlapis, Kerugian Ditaksir Puluhan Miliar – Berita Kota Kendari
Headline

Sprindiknya Berlapis, Kerugian Ditaksir Puluhan Miliar

Kajari Muna, Badrut Tamam memberikan keterangan kepada wartawan.

RAHA,BKK – Ini kabar terbaru dari Kejari Muna. Pekan ini Kejari Muna akan memanggil sejumlah pejabat dan pihak pihak yang diduga terlibat dalam kasus dugaan korupsi DAK Kabupaten Muna tahun 2015, senilai lebih dari Rp 200 M.

Pemanggilan para Kepala SKPD dan mantan kepala SKPD di lingkup Pemkab Muna, pihak rekanan dan mantan kepala Kasda Muna terkait dengan naiknya kasus dugaan korupsi DAK Muna dari penyelidikan kepenyidikan.

Kajari Muna Badrut Tamam SH MH pada sejumlah media di Raha, Selasa (4/7) menjelaskan, pekan ini mereka mi akan memanggil para pihak, yang diduga terlibat kasus dugaan korupsi DAK Muna tahun 2015 ini, sebelum menentukan tersangkanya.

“Kami akan rampungkan bukti buktinya dulu, barulah kami akan rilis tersangkanya,” kata Badrut.

Dia menjelaskan, terkait dugaan korupsi kasus ini mulai dari perencanannya, pencaiaran anggaranya, fisik kegiatannya dan adanya deposito deposito uang negara yang berkedok bunganya untuk pendapatan daerah.

“Kemudian terkait pengelolaan dana Pemda bersumber dari DAK baik sebagian atau seluruhnya yang dilakukan dalam bentuk deposito. Kita tengarai dari hasil depisito-deposito uang negara ini, tidak sesuai aturan dan merugikan negara,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, terkait proyek proyek dalam kasus ini adalah proyek-proyek mangkrak tahun 2015, yang pembiayaanya menggunakan DAK sebanyak 61 paket.

Kajari Muna juga membenarkan jika sprindik yang akan diterbutkan Kejari Muna pekan ini berlapis. “Iya, sprindiknya pasti lebih dari satu. Pihak pihak yang sudah kita periksa waktu penyelidikan, akan kita panggil kembali namun dalam tahap penyidikan. Kalau kurugian negara dalam kasus ini nanti akan di audit BPKP. Tapi berdasarkan entimasi kita mencapai Rp puluhan miliar,” pungkasnya.

Sebelumnya ada 20 Kepala SKPD diantarnya mantan Kadis DPPKAD Muna Hj Ratna Ningsih, Mantan Kepala Bappeda Muna Ir H Syahril, Kadiskes Muna Rimba Sua, mantan Kadishub Muna Hayadi, mantan Kadis Perikanan dan Kelautran La Ode Paliawaludin, mantan Kadiknas Muna La Ode Ndibale, mantan Kepala BLH La Oba, mantan Kepala Kasda Muna Idrus Gafiruddin, Kadis PU Muna La Ode Bou, Kabid pengairan PU Muna Ady Mulya, Kabid Bina Marga PU Muna La Sanudi, pihak rekanan Halim, Sekda Muna Nurdin Pamone sebagai Ketua TAPD, Ketua DPRD Muna Mukmin NaIni sebagai Ketua Banggar, mantan Pj Bupati Muna Muh Zayat Kaimoeddin dan pihak yang terkait lainnya, akan dipanggil kembali pekan ini. (r1/lex)

To Top