Menumbuhkan Budaya Gotong Royong yang Memudar – Berita Kota Kendari
Headline

Menumbuhkan Budaya Gotong Royong yang Memudar

Kadis PU Andi Abbas menandatangani berita acara TMMD disaksikan Bupati Kolaka Ahmad Safei dan Dandim Kolaka Letkol Inf Seniman Zega.

Desa Popalia Kecamatan Tanggetada Kolaka menjadi lokasi sasaran pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)ke 99 di wilayah Korem 143/Halu Oleo. Upacara pembukaan TMMD berlangsung Lapangan Sepak Bola Osundupere Desa Popalia Kec Tanggetada, Selasa (4/7).

Kegiatan TMMD akan berlangsung selama sebulan yang tepatnya 2 Agustus mendatang, dikuti Satgas TMMD ke 99 Kodim 1412/Kolaka rencananya membangun berbagai fasilitas dan sarana prasarana umum serta kegiatan non fisik lainnya.

Kegiatan TMMD tahun ini mengusung tema “Dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI”.

Dalam sambutannya, Bupati Kolaka, Ahmad Safei menyatakan apresiasi, penghargaan dan penghormatan kepada pihak TNI AD, khususnya jajaran Korem 143 Haluoleo dan Kodim 1412 Kolaka yang telah membantu dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk masyarakat Kabupaten Kolaka, khususnya kecaman Tanggetada melalui kegiatan TMMD.

“Pemda Kolaka sangat mendukung TMMD, karena sejalan dengan visi pemerintah daerah yaitu Kabupaten Kolaka yang maju berkeadilan dan sejahtera, serta program prioritas pembangunan daerah yakni salah satunya adalah pemerataan pembangunan inspatruktur sampai kepedesaan,” katanya.

Menurut Safei, sebagai prajurit tidak hanya profesional dalam mengawal keutuhan NKRI, akan tetapi juga mengabdikan diri dalam percepatan pembangunan inprastruktur, khususnya di Kabupaten kolaka yang masih banyak membutuhkan sarana jalan, guna membuka akses ekonomi masyarakat dari kantong-kantong produksi, ke pusat-pusat ekonomi.

Apa yang telah dilaksanakan TNI kali ini menurut Bupati, merupakan wujud nyata percepatan pembangunan.

Lanjut Bupati Kolaka, dengan mengedepankan sinergitas semua stake holder TMMD adalah wujud kerja nyata dalam percepatan pembangunan dan merupakan kontribusi TNI terhadap pemerintah daerah.

“Kemanunggalan TNI-Rakyat yang merupakan Roh TMMD diharapkan dapat mengakselerasi ketertinggalan pembangunan di pedesaan,” katanya lagi.

Beberapa kegiatan yang dilakukan selama TMMD sebut bupati diantaranya, melanjutkan pembangunan masjid ukuran 10 x 10 M, pembentukan badan jalan pinggir sepanjang 1.000 x 5 M, pembuatan pos kamling permanen ukuran 3 x 3 M dan melanjutkan pembangunan gereja permanen ukuran 21 x 8,80 M.

Selain itu, kata dia, Satgas TMMD ke 99 Kodim 1412/Kolaka juga akan melaksanakan kegiatan sasaran non fisik yang meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, penyuluhan deradikalisasi terorisme dan ISIS, penyuluhan kerukunan hidup antar umat beragama, serta Hukum dan Kamtibmas.

Sementara itu, Komandan Korem 143/Halu Oleo, Kolonel Inf Andi Perdana Kahar SH, saat memberikan keterangan kepada wartawan mengatakan TMMD merupakan wahana untuk menumbuhkan budaya dan semangat gotong royong yang selama ini mulai memudar.

Dikatakan, dalam TMMD ke 99 di Kabupaten Kolaka, pihaknya juga melibatkan ASN guna menumbuhkan kesadaran dan sekaligus sebagai sarana meningkatkan sinergitas TNI, Polri, ASN dan masyarakat.

Adapun pelaksananaan TMMD di Kecamatan Tanggetada melaksankan kegiatan fisik dan non fisik melibatkan 150 orang, dimana masing-masing posko satgas dan staf satgas sebanyak 16 orang, tiem asistensi atau penyuluh 25 orang, Satuan Setingkat Kompi (SSK) 110 orang. Adapun dukungan Anggaran dari APBD Pemda Kolaka tahun anggaran 2017 sebesar Rp 1 miliar, serta dari Mabes TNI AD sebesar Rp 236.475.000.

Pembukaan TMMD selain dihadiri Danrem 143 Haluoleo Kolonel Inf Andi Perdana Kahar, Dandim 1412 Kolaka Letkol Inf Seniman Zega, juga dihadiri juga dihadiri Ketua DPRD Kolaka H Parmin Dasir, Wakil Bupati Kolaka, H Muh Jayadin SE ME, Wakil Bupati Koltim, Hj Andi Merya Nur SIp, Kapolres Kolaka, AKBP Didik Supranoto SIK, dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kolaka, pejabat TNI lingkup Korem 143/Ho dan Kodim 1412 Kolaka. (r3/lex)

To Top