Kapal Penumpang Milik Busel dalam Kondisi Rusak – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Kapal Penumpang Milik Busel dalam Kondisi Rusak

BATAUGA, BKK- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan dipastikan akan menarik kembali kapal penumpangnya yang selama ini mangkrak di Pelabuhan Baubau. Sekretaris Da Busel, Konstantinus Bukide mengaku telah memerintahkan dinas perhubungan untuk segera mengembalikan kapal tersebut ke Busel.

“Kita sudah bikinkan berita acaranya. Kapal itu sekarang masih di pelabuhan feri Baubau, tinggal dibawa saja ke Busel,” ungkap Konstantinus Bukide.

Namun, informasi terbaru menyebutkan kapal penyeberangan antarpulau itu mengalami kerusakan. Hal ini berdasarkan keterangan Ketua KUB Mentari, Laode Manahu, bahwa kapal itu telah rusak sejak pertama kali diterimanya, sehingga pihaknya tidak dapat memberikan hasil bagi daerah.

Tentang hal ini, Kontantinus menduga itu hanya alasan yang dibuat-buat pihak ketiga (pengelola) untuk menutup-nutupi alasan sebenarnya. “Itu hanya alasannya saja kepada saya. Kalau memang betul (rusak sejak awal), kenapa tidak melapor. Kita semua tahu kapal itu disumbangkan dari Kementerian (Daerah Tertinggal dan Desa) dalam kondisi baru,” tambahnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya melalui dinas perhubungan tengah mengecek kondisi kapal. Apabila ada masalah di kapal tersebut, pihaknya tidak segan-segan akan menempuh jalur hukum.

“Pemikiran ketua KUB Mentari itu, kapal tersebut diberikan kepadanya yang akan menjadi hak milik. Sementara dalam perjanjian daerah, KUB tersebut hanya ditunjuk sebagai pengelola dengan catatan memberikan bagi hasilnya ke daerah, ” tandasnya. (k1/aha)

To Top