Aktualita

Tak Ada Lonjakan Penumpang saat Puncak Arus Balik

Suasana penumpang arus balik dari Pelabuhan Kota Raha.

RAHA, BKK – Walaupun Minggu (2/7) kemarin menjadi puncak arus balik dari Kabupaten Muna menuju Kota Kendari, namun ternyata tak terjadi lonjakan penumpang. Bahkan, pantauan jurnalis BKK di Raha, penumpang yang balik seperti hari-hari biasa.
Di pelabuhan Raha, terdapat 2 buah kapal cepat rute Raha – Kendari dan 2 buah kapal malam yang beroperasi di Pelabuhan Nusantara Raha, namun tak ada lonjakan arus balik penumpang.

“Belum ada lonjakan arus balik penumpang, melalui Pelabuhan Raha hingga kini. Dari 2 kapal cepat rute Raha – Kendari dan dari Bau bau Raha – Kendari, penumpang masih normal,” Kepala Kepolisian Kawasan Pelabuhan Raha (KP3) Raha, Iptu Syariddin pada koran ini kemarin.

Dia menyebutkan, pertambahan penumpang tak terlalu signifikan. Disebutkan rata rata penumpang setiap hari pasca Idul Fitri 1438 H hanya sekitar 300 orang dari Raha menuju Kendari. Kalau hari biasa sebelum Idul Fitri ya sekitar 200 penumpang.

Sedangkan kapal cepat cepat yang transit dari Bau bau – Raha – Kendari, juga belum ada kenaikkan arus balik penumpang. Setiap kali transit di Pelabuhan Raha cuma disi sekitat 50 sampai 60 penumpang dari Raha menuju Kendari.

Demikian juga dengan arus balik yang menggunakan kapal malam. Dari 2 buah kapal malam yang beropersai di Pelabuhan Raha siang malam sebelum Idul Fitri, kini masih sepi penumpang.

“Arus balik penumpang melalui kapal malam juga masih normal. Rata rata tiap kali berangkat dari Raha – Kendari, penumpangnya baru berkisar 400 orang. Kalau hari biasa berkisar 200 penumpang saja. Belum ada lonjakan penumpang yang tinggi separti saat mudik lebaran. Bahkan kapal malam yang didatangkan dari Kendari menuju Raha untuk mengangkut arus balik pasca lebaran, masih sepi. Bahkan sampai tadi malam, satu kali berangkat cuma mengangkut penumpang sekitar 70 orang saja,” tambah IPTU Syariddin.

Katanya penyebab belum adanya lonjakan arus balik di Pelabuhan Raha, karena libur yang panjang. “Penyebab belum ada lonjakan arus balik, karena libur yang panjang. Para mahasiswa dan pemudik yang masuk ke Kabupaten Muna, masih libur. Dipridiksikan jelang Agustus atau pertengahan Agustus ini, baru ada lonjakan penumpang,” pungkas perwira dengan dua balak di pundak ini. (r1/lex).

To Top