Lingkar Sultra

Rusman Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir

FITRI AZHARI/BERITA KOTA KENDARI
BANTUAN MAKANAN. Bupati Muna LM Rusman Emba ST saat menyalurkan bantuan bagi warga Desa Lakandito, Kecamatan Kabawo yang menjadi korban banjir pada akhir Juni lalu.

RAHA,BKK- Bupati Muna LM Rusman Emba menyalurkan bantuan kepada masyarakat Desa Lakandito, Kecamatan Kabawo yang menjadi korban banjir pada akhir Juni lalu. Tak hanya menyerahkan bantuan makanan, orang nomor satu di Muna itu juga memerintahkan jajarannya untuk membuat drainase agar permukiman yang terdampak tidak lagi didatangi banjir.

“Kita mendatangkan alat berat untuk membuat galian drainase, agar air tidak lagi merendam rumah rumah warga di sini. Saya harap setelah drainasenya jadi, tidak ada lagi rumah yang kebanjiran,” katanya usai menyerahkan paket bantuan kepada para korban.

Sementara Kepala BPBD Muna, La Ode Ikbar Rifai mengatakan pihaknya sudah bergerak sesaat setelah mendapatkan informasi mengenai bencana alam di desa tersebut. BPBD pun langsung mendirikan tenda untuk para pengungsi dan menyediakan dapur umum.

Hingga saat ini, tercatat masih ada 10 KK yang rumahnya masih digenangi air setinggi satu meter. Untuk sementara, mereka menempati tenda darurat.

“Kebutuhan mereka disediakan oleh BPBD dan dinas sosial,” tambahnya.

Menurut Ikbar Rifai, banjir tersebut diakibatkan minimnya drainase di permukiman warga. Karena itu, saat hujan lebat turun selama berhari-hari, aliran air tidak memiliki jalan untuk turun sehingga menyebar ke permukiman warga.

“Jalannya lebih tinggi dari rumah dan tidak ada drainasenya. Jadi pemerintah akan buatkan drainase supaya nanti kalau hujan lagi, air tidak melimpas ke rumah warga lagi,” tandasnya. (r1/aha)

 

To Top