Festival Pulau Tomia Sepi Pengunjung – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Festival Pulau Tomia Sepi Pengunjung

ISWANDI/BERITA KOTA KENDARI
BUPATI Wakatobi, H Arhawi Ruda SE saat memberikan sambutan dalam pembukaan Festival Pulau Tomia, akhir Juni lalu.

WANGIWANGI, BKK- Festival Pulau Tomia yang digelar pada akhir Juni lalu ternyata sepi pengunjung. Acara yang digelar di Lapangan Baskara Jaya, Desa One Mai, Kecamatan Tomia ini tak begitu sukses menyedot wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kursi-kursi yang disediakan untuk pengunjung banyak yang kosong. Kalaupun terisi, yang isi hanyalah penduduk setempat. Sepinya pengunjung pun berdampak pada omzet para pengrajin ataupun pelaku industri rumahan yang terlibat dalam festival tersebut.

Sejumlah warga yang ditemui Berita Kota Kendari bahkan baru tahu ada festival pada saat pembukaan.

Informasi yang beredar sebelumnya menyebutkan ada reuni alumni SMP 2 Tomia.

Usman, salah seorang warga mengaku awalnya sangat bersemangat melihat kemeriahan festival yang dibuka langsung oleh Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda tersebut. “Sayangnya sepi. Padahal sudah bagus konsepnya,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar menganggap sepinya pengunjung bukan suatu masalah yang harus dibesar-besarkan. Baginya, festival yang dimasukkan dalam agenda tahunan ini masih berupa langkah awal.

“Tidak masalah, normal saja. Ini kan satu proses yang harus kita hargai. Dan kalau ada kondisi yang belum ideal, itu adalah tantangan kita ke depan. Nanti kita evaluasi terus,” ujarnya.

Pembukaan festival yang kali kedua ini memang sempat meriah. Dihadiri oleh seluruh unsur pejabat Pemkab, instansi Muspika dan masyarakat setempat, beragam kesenian ditampilkan seperti tari Sajo Moane, tari kolosal, Homoru’a (tenun tradisional ) hingga karnaval budaya masyarakat maritim,
Bupati Wakatobi, Arwahi Ruda dalam sambutannya mengatakan bahwa Festival Pulau Tomia sudah menjadi even tahunan dan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata. Acara ini ditutup pada 30 Juni lalu. (k2/aha)

To Top