Hanya Tiga Nama Diusul ke DPP NasDem – Berita Kota Kendari
Headline

Hanya Tiga Nama Diusul ke DPP NasDem

Pengurus NasDem Sultra yang melakukan penjaringan dan pemeriksaan berkas kandidat gubernur.

KENDARI, BKK – Dalam proses penjaringan yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tenggara (Sultra), tercatat 14 nama yang mendaftar sebagai bakal calon (Balon) kepala daerah untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018.

Namun, dari hasil penjaringan itu DPW NasDem Sultra hanya akan memplenokan tiga nama untuk diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Sekertaris DPW NasDem Sultra, Laode Ikhsan Saafi mengatakan, pihaknya hanya akan memplenokan tiga nama balon gubernur karena sesuai dengan PO Nomor 228/5/2017 Partai NasDem tentang pedoman dan tatacara pelaksanaan penjaringan balon kepala daerah 2018.

“Kemarin kami sudah melakukan rapat internal bersama Ketua DPW NasDem Sultra (Tony Herbiansyah). Dalam rapat itu, dalam waktu dekat ini kami akan memplenokan tiga nama saja,” kata Ikhsan saat ditemui di salah satu warung kopi di Kota Kendari, Senin (19/6) malam.

Ia menjelaskan, alasan DPW hanya akan merekomendasikan tiga nama karena ada beberapa pertimbangan yang diantaranya itu mengenai proses pada saat pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran balon gubernur dan wakil gubrenur beberapa waktu lalu. Namun, tiga nama yang dimaksud belum dapat dipublikasikan saat ini.

“Itu nanti akan lahir dalam proses rapat pleno karena tiga nama ini masih menjadi komsumsi internal partai jadi belum bisa dipublikasikan siapa-siapa saja orang yang dimaksud,” bebernya

Dikatakannya, setelah DPW melakukan pleno dan menentukan tiga nama yang nantinya akan direkomendasikan ke DPP NasDem, tahap selanjutnya yakni awal Juli sampai Oktober mendatang pihaknya akan melakukan survey terhadap semua figur yang sudah melakukan pendaftarkan diri di partainya.

Dalam proses survey itu pun, lanjutnya, semua figur yang mendaftar di NasDem masih memiliki peluang untuk mendapat dukungan. Hanya saja, DPP partai besutan Surya Paloh itu tetap akan memprioritaskan tiga nama yang telah diusulkan DPW.

“DPP bisa saja memberikan rekomedasi di luar tiga nama tersebut. Tetapi yang perlu diketahui bahwa DPW itu diberikan kewenangan oleh DPP untuk menentukan tiga nama balon untuk diplenokan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai NasDem Sultra, Amir Faisal mengungkapkan, dari tiga nama balon yang direkomendasikan untuk kemudian diplenokan sepenuhnya telah memenuhi syarat formil maupun materil dari apa yang telah dipersyaratkan partai.

“Jadi kita tidak nampakkan kepada masing-masing balon yang sudah mendaftarkan diri di Partai NasDem. Meskipun begitu, semua balon itu sudah menyadarinya apa-apa saja yang menjadi kekurangannya saat melakukan pengembalian formulir beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa balon yang mengambil formulir perndaftaran pada saat setelah jadwal pengambilan formulir ditutup.

“Alasan-alasan seperti itulah yang menjadi bahan penilaian indikator nantinya, serta adanya dokumen-dokumen lainnya yang tidak dilengkapi oleh balon sehingga kami tidak memplenokan balon tersebut,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top