Sultra Demo Gelar Dialog Lingkungan dan Buka Puasa Bersama – Berita Kota Kendari
Aktualita

Sultra Demo Gelar Dialog Lingkungan dan Buka Puasa Bersama

KENDARI, BKK – Makin buruknya kualitas lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini membuat Sultra Demo menggelar dialog bertemakan ”Pemanasan Global akibat dari Pencemaran Lingkungan”. Acara yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama tersebut akan berlangsung di RM Ratu Alam, Mandonga Kendari, Rabu (21/6) hari ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Ferdi menjelaskan, pemanasan global telah menimbulkan dampak buruk bagui kehidupan manusia diantaranya, menimbulkan semakin naiknya air laut sehingga menyebabkan terjadinya abrasi pantai.

“Dampak yang paling dirasakan saat ini adalah terjadinya cuaca yang susah dipredikasi atau biasa disebut anomali. Kondisi ini benar-benar menggangu masyarakat khususnya para nelayan,” kata Ferdi kepada BKK dalam relisnya, Selasa (20/6).

Ferdi menguraikan, kegiatan bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur pencemaran lingkungan, pemanasan global dan hujan asam yang terdapat di dalam perikehidupan alam ini.

Selain itu, untuk mengetahui upaya apa yang harus dilakukan untuk dapat mengatasi permasalahan pencemaran yang terjadi di sekitar lingkungan.

“Yang penting lagi nanti agar semua pemangku kebijakan dan masyarakat stakeholder menjaga kelsetarian lingkungan dan tanpa konflik,” ujarnya.

Kegiatan dialog akan menampilkan nara sumber Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari, akademisi Universitas Halu Oleo, Safril Kasim MES, dan Komisi IV DPRD Kota Kendari.

Mereka akan bicara dengan sub topik berbeda, Kepala BLH akan berbicara Peran BLH dalam pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan, akademisi membahas peran serta perguruan tinggi dalam masalah Lingkungan hidup, dan anggota DPRD akan berbicara kebijakan dan pengawasan DPRD mengenai Undang – undang terkait lingkungan hidup.

Kegiatan ini rencananya diikuti mahasiswa, tokoh pemuda, perempuan dan masyarakat, NGO dan stakeholder lainnya di Kota Kendari berjumlah 100 orang.

“Bagi yang ingin memberikan sumbangsih pemikiran mengenai topik ini, kami tunggu kehadirannya,” ajak Ferdi. (p12/lex)

To Top