SAR Bersiaga di Pelabuhan Kolaka – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

SAR Bersiaga di Pelabuhan Kolaka

ARMIN/BERIRA KOTA KENDARI
PERSONIL SAR Kolaka mulai bersiaga di Pelabuhan Feri Kolaka, Senin (19/6).

KOLAKA, BKK- Badan SAR Kolaka ikut mendirikan posko khusus di Pelabuhan Feri Kolaka. Posko ini terdiri dari 10 personil SAR.

“Kami membentuk satu posko siaga bersama 10 personil di pelabuhan guna mengantisipasi adanya musibah,” kata Kepala Pos SAR Kolaka, Akbar, Senin (19/6).

Menurut Akbar, SAR merasa harus ikut memantau arus mudik karena melihat cuaca di Teluk Bone yang belakangan ini kurang baik. Meski tidak menginginkan ada hal yang buruk yang terjadi, namun pihaknya bisa tetap siaga jika memang ada musibah kecelakaan dan lainnya.

“Kalau sudah ada di sini, kita bisa bergerak lebih cepat,” katanya.

Meski mendirikan posko di pelabuhan, SAR tidak mengabaikan jalur darat. Menurut Akbar, posko ini sifatnya mobile atau bisa berpindah-pindah sesuai kebutuhan.

“Kami juga tetap mengantisipasi untuk jalur darat, dengan menggunakan kendaraan operasional milik SAR. Intinya kami sudah siap ketika terjadi sesuatu hal,” ungkapnya.

Tak lupa Akbar mengingatkan pemilik jasa transportasi, baik laut maupun darat, supaya mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini adalah kapasitas penumpang. Diharapkan tidak ada lagi kapal yang berangkat dengan kondisi kelebihan penumpang karena itu bisa membahayakan.

“Utamakan keselamatan penumpang yang ingin berhari raya dengan keluarganya,” ujarnya. (r3/aha)

To Top