Kebanjiran Pembeli Jelang Lebaran, Keuntungan Besar Diraup Pedagang Busana Muslim – Berita Kota Kendari
Nuansa Ramadhan

Kebanjiran Pembeli Jelang Lebaran, Keuntungan Besar Diraup Pedagang Busana Muslim

Lapak Susi di Mal Mandonga (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK – Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya saat menjelang lebaran Idul Fitri pusat perbelanjaan seperti mal selalu dipadati pembeli. Tak terkecuali tahun ini.

Khususnya di Kota Kendari, sejak pertengahan ramadan, pusat perbelanjaan mulai dipadati warga untuk membeli perlengkapan lebaran utamanya busana muslim.

Banyaknya warga yang berburu busana muslim menjadi berkah tiap tahun bagi pedagang salah satu pakaian khas lebaran ini, dengan meraup keuntungan yang besar.

Salah satu pedagang di Mal Mandongan Kendari, Susi mengaku sejak pertengahan ramadan ia meraup pembeli hingga Rp 30 per harinya. Jumlah itu tentu berbeda jauh dengan hari-hari biasanya yang menurutnya terkadang hanya mencapai Rp 1 juta.

“Omset yang saya dapatkan sebelum masuk bulan ramadhan per harinya mencapai Rp 1 juta – 3 juta sedangkan pada masuk bulan ramadan per harinya berkisar antara Rp 20 juta – 30 juta. Bila hari Sabtu dan Minggu kemarin saya dapat 30 juta per harinya dengan mengeluarkan modal berkisar kurang lebih Rp 300 juta,” ujar Susi saat ditemui di lokasi dagangannya, Senin (19/6).

Harga busana muslim yang dijualnya pun bervariasi. Mulai dari harga Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu per lembarnya.

Hal senada diungkapkan, Winda salah satu pedagang yang juga berjualan di Mal Mandonga. Menurutnya, jumlah pembeli yang berbelanja saat jelang lebaran berbeda jauh dengan hari-hari bisanya, sehingga jumlah keuntungan yang didapatkannya pun lebih besar.

“Omset berjualan yang saya dapatkan sebelum masuk bulan ramadan biasanya 700 ribu dengan modal Rp 5 juta per bulan tidak habis barangnya, akan tetapi memasuki bulan ramadhan omset yang bisa saya kantongi Rp 5 juta perhari dengan modal Rp 50 juta per bulan dan bajunya biasanya habis terjual,” ujar Winda. (p12/nur)

To Top