Lingkar Sultra

220 Personil Gabungan Mulai Bertugas

ISWANDI/BERITA KOTA KENDARI
KAPOLRES Wakatobi AKBP Hadi Winarno menyematkan pin kepada salah seorang anggota Polres Wakatobi dalam Upacara Gelar Pasukan Operasi Ramadania 2017, kemarin.

WAKATOBI, BKK- Operasi Ramadania 2017 mulai digelar di Wakatobi. Sedikitnya 220 personil gabungan mulai bertugas sejak Senin (19/6), untuk mengamankan arus mudik maupun arus balik Idulfitri.

Aparat gabungan ini terdiri dari Polres, Kodim, Basarnas, Satpol PP, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dinas pemadam kebakaran hingga pramuka. Kemarin, mereka mengikuti upacara Gelar Pasukan Operasi Ramadania lengkap dengan kendaraan taktis, di Halaman Polres Wakatobi.

“Kalau kita sendiri ada 100 personil. 120 personil dari TNI, Basarnas, Satpol PP, kesehatan, perhubungan dan anak pramuka. Kita juga tetap menyiagakan 60 kalau ada yang insidentil. Mereka standby dan tinggal kita dorong,” kata Kapolres Wakatobi, AKBP Hadi Winarno yang ditemui usai gelar pasukan.

Dalam Operasi Ramadania 2017 ini, para personil gabungan itu akan disebar dalam lima titik. Yakni di Pelabuhan Marina, P3, Pasar Sentral, Pasar Pagi dan Bandara Matahora. Sebagian personil juga akan melakukan patroli.

Selain itu, 11 tahanan Polres Wakatobi untuk sementara dititip di Lapas Pasar Wajo. Hal itu demi mengefektifkan tugas-tugas polisi dalam operasi ini.

Dia juga mengatakan, selama Ramadhan ini, Polres Wakatobi mengintensifkan Operasi Cipta Kondisi yang melibatkan 50 personil. Dari kegiatan tersebut, polisi berhasil mengamankan tidak kurang dari 365 preman, miras 3 drum, 504 liter arak tradisional beserta alat penyulingnya, dan seorang tersangka yang membawa senjata tajam.

“Sejauh ini, kondisi keamanan di Wakatobi sangat kondusif,” kata dia.

Di samping itu, Polres juga rutin melakukan Safari Ramadhan di berbagai mesjid, serta memberikan takjil dan santunan kepada warga yang memerlukan. “Kurang lebih 500 kegiatan yang telah kita lakukan, baik pengamanan hingga kegiatan sosial keagamaan,” ucapnya.

Gelar pasukan ini turut dihadiri Bupati Wakatobi, H Arhawi Ruda serta pejabat dari instansi vertikal maupun jajaran Pemkab Wakatobi. (k2/aha)

To Top