Rusda: Mulai Senin, Panggil Pak Iskandar Bupati – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Rusda: Mulai Senin, Panggil Pak Iskandar Bupati

MANSIRAL USMAN/BERITA KOTA KENDARI
TERAKHIR SEBAGAI BUPATI KOLUT. Rusda Mahmud mengakhiri masa pengabdiannya sebagai Bupati Kolaka Utara dengan menyerahkan zakat kepada warga dalam Safari Ramadhan di Kecamatan Ranteangin, akhir pekan lalu.

LASUSUA, BKK- Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara resmi ditanggalkan Rusda Mahmud dan Bobby Alimuddin Page, Minggu (18/6) kemarin. Mulai Senin (19/6), tampuk kepemimpinan beralih sementara kepada Iskandar, yang tak lain Sekretaris Pemkab Kolut.

“Besok (Senin, red) mulai pukul 01.30, Bapak Iskandar akan dipanggil Pak Bupati. Beliau akan menjabat satu bulan lebih sampai dengan bupati terpilih dilantik,” ujar Rusda usai menutup kegiatan Safari Ramadhan di Kecamatan Ranteangin, Sabtu (17/6).

Safari Ramadhan ini merupakan aktivitas terakhir Rusda Mahmud sebagai Bupati Kolut. Sepanjang Minggu kemarin, di hari terakhirnya sebagai bupati, Rusda mengaku hanya melakukan kegiatan rutin.

“Setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya. Kemarin dan hari ini masa di mana saya juga sebagai bupati, namun besok dan hari yang akan datang merupakan masa bupati terpilih,” ungkap Rusda.

Di Ranteangin, Rusda mengimbau masyarakat setempat harus bersyukur dikarunia sawah yang luas dan tanah perkebunan yang subur. Karenanya, dia mengajak para pemilik lahan agar mengeluarkan zakatnya sebagai bentuk rasa syukur dan kepatuhan terhadap perintah agama.

“Selama 10 tahun mengabdi bersama, Pemda telah menggelontorkan anggaran lebih dari Rp 100 miliyar untuk membiayai pertanian, perkebunan, jalan usaha tani dan infastruktur lainya. Semua bersumber dari APBD,” kata Rusda.

Rusda mengaku sudah berusaha maksimal dalam memenuhi visi-misi, sesuai yang dijanjikan saat kampanye Pilkada lima tahun silam, dan lima tahun sebelumnya. “Kalau ada masyarakat yang merasa saya janji namun belum kami penuhi, saatnya sekarang untuk menangih janji itu,” ucap Rusda.

Sementara Iskandar yang dikonfirmasi tentang penunjukkannya sebagai Pelaksana Harian Bupati Kolaka Utara mengaku belum menerima mandat secara resmi.

“Belum ada mandat secara tertulis, namun saat berada di Kendari, Pak Wakil Gubernur, Saleh Lasata sudah menyampaikan itu,” tutur Iskandar. (cr11/aha)

To Top