Terkahir Pendaftaran di Demokrat, Tiga Balon Gubernur Kembalikan Formulir – Berita Kota Kendari
Suksesi

Terkahir Pendaftaran di Demokrat, Tiga Balon Gubernur Kembalikan Formulir

Supomo saat menyerahkan formulir pendaftaran balon gubernur Di DPD PD (foto: Rudy/BKK

KENDARI, BKK – Sesuai jadwal yang sudah ditentukan, Rabu (14/6), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menutup pendaftaran Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra untuk Pilkada 2018 nanti.

Di hari penutupan itu sedikitnya tiga figur yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran balon gubernur yang terdiri Supomo, kemudian Anggota Komisi V Dewan Republik Indonesia (DPR RI), Ridwan Bae, dan Bupati Muna Rusman Emba.

Dalam melakukan pengembalian berkas formulir pendaftaran di partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, Ridwan dan Rusman hanya diwakili timnya. Lain halnya dengan Supomo, seperti figur lainnya yang lebih dulu mendaftar di Demokrat, ia juga membawa sendiri berkas pendaftarannya sebagaimana ketentuan yang ditetapkan tim penjaringan partai itu sendiri.

Imam Al Ghozaly saat menyerahkan formulir pendaftaran Ridwan Bae sebagai balon gubernur di DPD PD (foto: Rudy/BKK)

Alasan Ridwan maupun Rusman tidak bisa membawa secara langsung berkas formulir pendaftarannya di Demokrat, dikarenakan keduanya sedang berada di luar daerah untuk menjalankan tugasnya sebagai pejabat negara.

“Ridwan tidak bisa hadir karena sedang melakukan tugas negara dan kami sudah terima mandat yang diserahkan melalui Ketua Harian DPD I Partai Golkar, Imam Al Ghozaly. Begitu pula dengan Pak Rusman diwakili oleh timnya Darmono dalam menyerahkan berkas pendaftaran,” kata ketua tim penjaringan DPD PD Sultra, Budhi Prasodjo kemarin.

Darmono saat menyerahkan formulir pendaftaran Rusman Emba sebagai balon gubernur di DPD PD (foto: Rudy/BKK)

Dikatakannya, meski sebelumnya dalam ketentuan yang telah disepakati saat rapat internal Demokrat bahwa setiap figur tidak bisa diwakili timnya untuk itu mengembalikan berkas formulir pendaftaran. Namun, karena Ridwan dan Rusman tengah menjalankan tugas negara, sehingga bisa dimaklumi.

Ia juga mengungkapkan, sebagaimana yang sudah menjadi keputusan internal Demokrat Sultra, dengan berakhirnya jadwal pendaftaran tersebut maka tidak ada tolerir bagi balon yang telat menyerahkan berkas pendaftaran.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, berkas serta dokumen kelengkapan ketiga figur dalam mengembalikan fomulir pendaftaran di hari terakhir tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan dinyatakan lengkap sesuai dengan apa yang dipersyaratkan. Namun, pihaknya akan kembali melakukan verifikasi untuk menentukan apakah layak untuk diusung atau tidak.

“Besok (hari ini, red) sampai 17 Juni mendatang kami akan kembali melakukan verifikasi berkas serta dokumen semua figur yang mendaftarkan diri melalui Demokrat. Pada 18 Juni kami akan langsung mengumumkan apakah memenuhi syarat atau tidak,” jelasnya.

Sementara itu, Imam Al Ghozaly selaku tim pemenangan Ridwan Bae menyampaikan permohonan maaf karena Ridwan tidak bisa mengantarkan langsung berkas pendaftarannya di Demokrat.

Namun, setelah berkas pendaftaran itu diserahkan, tim Ridwan akan menggelar pertemuan khusus dengan Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhamad Endang SA. Salah satu yang akan dibahas adalah mengenai wacana dan usulan Ridwan berpasangan dengan Endang di Pilgub Sulltra nanti.

“Sebebarnya dia (Ridwan, red) ingin hadir secara langsung dan akan langsung meminang Ketua DPD PD Muhamad Endang SA untuk membicarakan dan meminta agar bisa mendampinginya sebagai wakil dalam pilgub nantinya,” bebernya.

Begitupula dengan Rusman yang juga meminta maaf ke Demokrat karena tidak bisa mengantarkan langsung formulirnya pendaftarannya.

“Dia (Rusman red) saat ini sedang mendampingi Kementrian Pariwisata (Kemenpar) dan Kementrian Desa (Kemendes). Sehingga, dia menitip kepada kami agar mengembalikan berkas formulir pendaftaran,” ucap darmono. (m2/nur)

To Top