Nuansa Ramadhan

Pemda Konsel Helat Pasar Murah

Suasana kegiatan pasar murah di Kecamatan Konda, Foto: Marwan/BKK

Andoolo, BKK – Dalam rangka menekan tingginya harga kebutuhan pokok saar ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) menggelar pasar murah di Aula Kecamatan Konda, Rabu (14/6).

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga yang membuka kegiatan tersebut mengajak semua warga yang berdomisili dekat dengan area pasar murah untuk ramai-ramai berkunjung dan membeli kebutuhan bahan pokok yang ada.

“Saya minta, para camat terutama para kepala desa untuk memberikan informasi kepada warganya terkait dengan adanya kegiatan pasar murah itu,” pintanya.

Dalam kegiatan tersebut, kata Surunudin, diharapkan para warga utamanya yang kurang mampu bisa membeli bahan kebutuhan pokoknya dengan harga yang tergolong murah.

“Jadi harga bahan pokok yang dijual itu adalah harga distributor dan kami juga melakukan upaya lain yakni menghubungi pihak perbankan juga BUMN, kemudian sejumlah distributor barang yang ada untuk mau berkontribusi dalam kegiatan ini,” katanya.

Dengan upaya yang dilakukan Pemda Konsel, lanjutnya, pihak perbankan seperti BRI, Bank Sultra Hingga Bulog Sultra berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya kupon subsidi langsung yang dibagikan kepada warga. Nilainya bervariasi, mulai dari kupon subsidi Rp 50 ribu hingga yang terkecil Rp 20 ribu.

“jadi warga dapat dobel manfaat, sudah harga distributor dapat lagi kupon subsidi yang langsung ditukarkan ke pihak penjual,” tukasnya

Ia juga menjamin bahwa barang yang dijajakan stoknya akan didistribusikan sesuai dengan permintaan warga.

Ketua tim penggerak PKK Konsel, Hj Nurlin Surunuddin SH yang ikut mendampingi bupati mengatakan, pasar murah ini juga akan dilaksanakan di kecamatan lain yang ada di Konsel.

“Kegiatan pasar murah ini adalah bentuk kerjasama kami ( tim penggerak PKK) dengan pihak pemda dalam hal ini Dinas perindustrian dan perdagangan,” kata istri Surunuddin itu.

Dikatakannya, sesuai jadwal, kegiatan pasar murah tersebut akan kembali dihelat, Kamis (15/6) hari ini, di Kecamatan Wolasi.

Pantauan di lapangan, sejumlah bahan pokok yang dijajakan di ajang pasar murah tersebut seperti beras, gula, tepung terigu, telur hingga aneka makanan dan minuman ringan.

Dari hasil penelusuran jurnalis koran ini, harga bahan pokok yang dijajakan rata rata lebih rendah 20-30 persen dari harga pasaran.

Misalnya tepung terigu kompas yang harga normalnya Rp 12 ribu sampai Rp 12.500 di ajang pasar murah tersebut hanya dijual Rp. 8500 per kilonya, Begitu juga dengan harga minyak goreng yang per jerigen 5 liter dijual Rp 80 ribu hanya dijual Rp 65 ribu.(cr13/nur)

To Top