Beranda

MTsN 1 Kendari Lakukan Test Urin

Para murid tidak kaget ketika dilakukan tes. (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK- Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kendari, Selasa (13/6), melakukan tes urine siswa Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN).

Kepala BNNK Kendari Dra Hj Murniaty M MPH Apt mengatakan, kegiatan seperti ini sering dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) dan MTsN 1 Kendari dalam menanggulangi dan mencegah anak-anak untuk memakai obat-obatan terlarang yang digolongkan sebagai narkoba.

“Kami melakukan program deteksi dini pengguna narkoba dengan cara tes urine secara rutin setiap tahunnya, dan BNNK juga sudah melakukan kerja sama dengan MTsN 1 Kendari berkait melawan dan memberantas narkoba,” tambahnya.

Ia menjelaskan, keterbatasan anggaran yang dimiliki BNNK untuk melakukan pencegahan di lingkungan sekolah memaksa BNNK melakukan kerja sama dengan pihak sekolah, untuk mengadakan fasilitas pengadaan alat pendeteksian pengguna narkoba. Anggaran dicubit dari uang komite yang dipungut dari orangtua siswa.

Sementara, Kepala Sekolah MTsN 1 Kendari La Duku SAg MPd mengimbau orangtua murid agar tidak henti-hentinya mengawasi anak-anaknya dalam pergaulan, yang sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Saya sendiri sangat berharap agar orangtua agar senantiasa dapat berkomunikasi dengan baik dengan anak-anaknya, yang mana hampir semua anak-anak yang tidak berkomunikasi baik dengan orangtuanya merupakan faktor terbesar pelajar yang terindikasi menggunakan narkoba,” ujarnya. (p12/iis)

To Top