Bandar Narkoba Didenda 1 M, Kabur Dari Tahanan – Berita Kota Kendari
Headline

Bandar Narkoba Didenda 1 M, Kabur Dari Tahanan

Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Utara, Andi Faharuddin. SH.MH

LASUSUA, BKK – Dua tersangka bandar narkoba berinisial JY dan JW warga Desa Latawaro Kecamatan Lambai Kolaka Utara yang ditangkap Badan Narkotika Nasional Provensi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2016 di vonis 18 tahun penjara dan didenda 1 miliyar, namun hingga kini satu dari dua terpidana yakni JY berhasil kabur dari tahanan.

Kedua tersangka yang sebelumnya telah menjalani persidangan di Pengadilan Tinggi Kendari dan dijatuhi vonis 15 tahun kurungan melakukan Peninjauan Kembali (PK). Namun permohonanan PK yang diajukan kedua terpidana ditolak Mahkama Agung (MA). Selain menolak MA menambah 3 tahun masa kurungan kedua terpidana dan denda Rp.1 Miliyar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kolut, Andi Fachruddin mengatakan, dari kedua terpidana JY dan JW melakukan permohonan PK namun di tolak MA.

“PK ditolak dan vonis kedua tersangka di perberat 3 tahun menjadi 18 tahun dan didenda Rp.1 miliyar namun JY saat ini masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), setelah melarikan diri dari dalam tahanan kendari,” kata Faharuddin.

Menurut Faharuddin, JY selain dijerat kasus sebagai bandar narkoba. JY juga dijerat dengan kepemilikan senjata api jenis pistol.

“Dari kedua terpidana didapat barang bukti (BB) sebanyak 36 paket sabu dan Jaksa menuntut 20 tahun penjara kedua bandar tersebut,” ujar Kajari.

Untuk JY, lanjur dia yang berhasil kabur dari tahanan, masih dilakukan pengejaran dengan melibatkan aparat kepolisian dan mengharapkan bantuan masyarakat yang mengetahui keberadaan terpidana.

“JY diketahui berhasil kabur dari tahanan setelah di jatuhi vonis” jelas Faharuddin tanpa menjelaskan kronologis kaburnya terpidana. (cr11/lex)

To Top