Atasi Lonjakan Pemudik, Dishub dan Polres Muna Siapkan 1 Unit Bus – Berita Kota Kendari
Nuansa Ramadhan

Atasi Lonjakan Pemudik, Dishub dan Polres Muna Siapkan 1 Unit Bus

RAHA,BKK- Untuk mengatasi terjadinya lonjakan pemudik yang masuk ke Kabupaten Muna, Dinas perhubungan setempat telah menyiapkan satu unit bus untuk mengangkut para pemudik ke alamat tujuannya.

Selain menyiapkan bus, Dishub Muna juga akan membuat sejumlah posko pemantau arus mudik diantaranya di Pelabuhan Raha, Pelabuhan Tampo, Penyeberangan Maligano, Terminal Laino, Terminal Wakuru dan Lasehau.

Dibuatnya sejumlah posko bersama pemantau arus mudik ini, kata Kepala Dishub Muna,La Oba, untuk memantau lonjakan arus mudik termasuk memantau kapasitas angkut kapal dan barang.

“Rapat masalah arus mudik ini akan digelar di Polres Muna besok (hari ini,red). Namanya Operasi Ramadaniyah yang akan digelar H – 7 Idul Fitri dan H + 7 Idul Fitri. Khusus di pelabuhan-pelabuhan, kita bekerjasama dengan Syahbandar, KP3 Raha dan para pengusaha jasa angkutan seperti kapal cepat,” terang La Oba, Selasa (13/6).

Di tempat terpisah Polres Muna melalui Kasat Lantas Polres Muna, AKP Alfin mengatakan, pihaknya juga akan menyiaplan satu unit bus gratis untuk mengangkut para pemudik ketujuannya.

Rute bus gratis yang disediakan Polres Muna ini juga telah ditentukan, yaitu Dermaga Raha – Kontunaga – Kabawo Tongkuno. Kemudian dermaga Raha – Bone – Parigi. Dermaga Raha – Lawa – Lakanaha -Marobea dan Tikep twt. Selanjutnya, Dermaga Raha -Bangkali -Dana – Watuputih – Kusambi – Latawe dan rute dermaga Tampo – Kota Raha.

” Tidak semua pemudik punya uang, jadi kami ingin membantu masyarakat di Kabupaten Muna. Memang bus kami tidak memuat banyak penumpang karena kapasitasnya terbatas, tapi setidaknya kami ingin membantu masyarakat yang akan berlebaran bersama keluarganya di Muna,” kata AKP Alfin.(r1/nur)

To Top