Beranda

Atasi Jalan Rusak akibat Banjir, Asrun Siapkan Rp 2 Miliar

Asrun

KENDARI, BKK– Wali Kota Kendari Asrun menyediakan Rp 2 miliar untuk memperbaiki kerusakan jalan yang diakibatkan banjir baru-baru ini.

Ia menjelaskan, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 hanya disediakan dana perawatan jalan Rp 1 miliar. Persediaan itu untuk kondisi normal. Tak dinyana banjir terjadi.

“Jadi untuk pemeliharaan infrastruktur yang ada, sebelumnya kita hanya siapkan sebesar Rp 1 miliar. Dan kelihatannya, dengan intensitas hujan yang tinggi ini, cepat sekali kerusakan jalan berkembang,” ungkap Wali Kota Kendari, Senin (12/6).

Berkai itu, jelas Asrun, pihaknya akan menyiapkan tambahan anggaran.

“Saat ini kita tidak bisa langsung lakukan pemeliharaan, sebab jalan harus kering dulu baru bisa kita aspal lagi,” paparnya.

Sebenarnya, kata Asrun, dengan dana sebesar Rp 1 miliar itu tidak cukup untuk merawat jalan yang rusak.

“Dengan dana itu hanya bisa mengaspal jalan 250 meter. Sekarang ini kan untuk mengaspal jalan 1 kilometer (km) butuh dana sebesar Rp 6 miliar,” papar Asrun.

Jadi, lanjut Asrun, harus ada penambahan sedikitlah, untuk melakukan pelapisan ulang di ruas jalan yang mengalami kerusakan.

“Untuk di APBD 2018 nanti sudah pasti kita akan mengusulkan tambahan anggaran perawatan jalan, rencananya kami akan tambahkan Rp 1 miliar. Yang penting bisa membantu, minimal akses masyarakat tidak terganggu,” ucap Asrun. (cr6/iis)

To Top