Suksesi

20 Lebih Calon Wali Kota Baubau Daftar di NasDem dan PDIP

AS Tamrin saat mengembalikan formulir berkas pendaftaran di Partai NasDem Baubau. Foto: Adnan Irham

BAUBAU, BKK – Sejumlah figur Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, tidak menyia-nyiakan penjaringan balon kepala daerah yang dibuka PDIP dan Partai NasDem.

Hingga pukul 16.00 Wita, Selasa (13/6), tercatat 29 nama yang mengambil formulir pendaftaran di NasDem dan 23 di PDIP.

Dari 29 nama yang tercatat di NasDem, didominasi nama-nama pejabat dan tokoh di Kota Baubau, diantaranya Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Wakil Wali Kota Baubau, Wa Ode Maasra Manarfa, Ketua DPRD Baubau Roslina Rahim, serta dua mantan Pj Bupati Buton Selatan Ilah Ladamay dan Laode Mustari.

Ada juga nama Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Baubau yang juga sekaligus anggota DPRD Sultra, Ikhsan Ismail, kemudian Ketua DPD II Golkar Baubau, H Zahari, Ketua PPP Baubau, Yusran Fahim, serta anggota DPRD Baubau, Haryono Hafied dan H Sudin.

Tim penjaringan DPD NasDem Baubau, Susan Mulyawati mengatakan, dari 29 nama yang sudah mengambil formulir pendaftaran, baru dua orang yang sudah datang mengembalikan berkas yakni AS Tamrin dan AKBP Idwar. Menurutnya, NasDem tetap merespon semua calon yang datang mendaftar, siapa pun itu.

“Keputusan siapa yang akan kita dukung itu nanti internal kami yang tentukan. Harapan kami semoga NasDem bisa memberikan yang terbaik,” tuturnya.

Sementara itu, 23 nama yang mendaftar di PDIP, hampir semuanya juga ikut mendaftar di Partai NasDem.

Di PDIP sendiri, selain ada yang mendaftar sebagai wali kota, juga tercatat ada enam nama yang mendaftar sebagai calon wakil wali kota. Enam nama itu yakni, La Ode Yasin Mazadu yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Baubau, Ahmad Arfa mantan Sekda Kota Baubau, Muhammad Rafa’at mantan Asisten I Pemkot Baubau, Anggota DPRD Sultra, Ikhsan Ismail, Anggota DPRD Kota Baubau, H Suddin, dan Mantan Wakil Bupati Buton Ali La Opa.

Tim penjaringan PDIP Baubau, Nurhayati menyebutkan, hingga kini, baru AS Tamrin yang terdaftar resmi karena telah mengembalikan berkas. Batas pengembalian berkas formulir sendiri akan ditutup hingga 20 Juni 2017 mendatang dan hasil dari penjaringan di tingkat DPC akan diserahkan ke DPD, hingga ke DPP.

“Setelah itu kami harus melakukan survey elektabilitas, layak tidak dukungan untuk calon itu,” tuturnya.

Calon wali kota petahana, AS Tamrin ketika ditemui usai mengembalikan berkas formulir pendaftaran, mengaku optimis akan didukung NasDem dan PDIP. Ia juga akan melakukan pendaftaran di sejumlah partai politik yang nantinya membuka penjaringan.

“Mereka kan punya mekanismenya. Itu yang menentukan, tetapi saya juga punya jurus-jurus melakukan langkah-langkah, tapi tidak mau mendahului segala sesuatunya,” terang AS Tamrin. (cr7/nur)

To Top