Headline

Sehari, Tiga Cagub Mendaftar di PPP

Ketua DPW PPP, Rasyid Syawal (baju putih) Saat Memimpin Rapat Pembukaan Penjaringan Balon Gubernur. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Baru sehari membuka pengambilan formulir pendaftaran bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menerima empat figur yang mengambil formulir.

Keempat itu terdiri dari tiga balon gubernur yakni Bupati Kolaka Utara (Kolut) Rusda Mahmud, Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra Lukman Abunawas (LA) dan Anggota DPR RI Tina Nur Alam.

Sementara satu figur mengambil formulir balon cawagub yaitu mantan Bupati Buton, LM Sjafei Kahar.


Rusda-Sjafei Saat Mengambil Formulir Pendaftaran Di PPP (foto: Rudy/BKK)

Sekretaris tim penjaringan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Rahmat Alam Syahruddin mengatakan, hari ini (kemarin red) DPW PPP sudah menerima empat figur yang mengambil formulir pendaftaran.

“Ada empat figur yang mengambil formulir pendaftara. Sesuai urutan Rusda-Sjafei sebagai bakal pasangan calon, LA dan Tina Nur Alam,” katanya saat ditemui di Sekretarian DPW PPP, Senin (12/6).

Lelaki yang akrab disapa Rahmat ini menambahkan, sehari sebelum jadwal pengambilan formulir ini dibuka, tim pemenangan Bupati Muna, Rusman Emba telah melakukan konsultasi seperti apa proses penjaringan balon gubernur dan balon wagub di PPP.

“Kemarin (Minggu 11 Juni) tim pemenangan Rusman Emba baru melakukan konsultasi penjaringan dan pendaftaran di DPW PPP,” tambahnya.

Sekretaris Harian DPW PPP ini menjelaskan, sesuai dengan kesepakatan rapat internal DPW PPP menentukan proses penjaringan itu dilakukan dengan dua tahapan, terdiri pengambilan formulir pendaftaran dan proses pengembalian formulir sekaligus pemeriksaan atau verifikasi berkas balon dalam mengembalikan formulir nantinya.

“Pengambilan formulir pendaftaran irtu dibuka sejak 12 sampai 21 Juni mendatang. Sementara untuk pengembalian berkas formulir pendaftaran itu dimulai sejak 12 sampai 30 Juni mendatang untuk kemudian dilakukan verifikasi sesuai dengan mekanisme partai,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam melakukan penjaringan baik kepada balon gubernur maupun balon wagub, DPW PPP memberikan syarat yang harus dipenuhi yakni formulir pendaftaran, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, foto kopi ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, pas foto ukuran 4X6 lima lembar.

“Serta naskah visi misi balon Gubernur dan Wagub Sultra periode 2018-2023 dengan masing-masing semua dokumen itu dijilid sebanyak lima rangkap,” bebernya.

Ia mengharapkan, sebagaimana apa yang diharapkan seluruh kader DPW PPP Sultra adanya kader dari PPP yang juga ikut berpartisipasi untuk mendaftarkan diri di PPP menjadi balon gubernur yakni Anggota DPR RI Amirul Tamim dan Anggota DPD RI Yusran Silondae.

“Selain itu kader PPP juga mengharapkan bahwa Ketua DPW PPP Sultra Rasyid Syawal, Anggota DPRD Sultra Dapil Konsel, Bombana Syarifuddin Sape serta Ibu Rosniawati Silondae untuk mendaftar diri di PPP sebagai balon wagub,” harapnya.

Sementara itu, Rusda Mahmud mengatakan dirinya dan Sjafei Kahar sangat serius untuk medaftar di PPP dan berharap kedepannya bisa diusung dalam Pilgub Sultra 2018 mendatang.

“Harapan kami mendaftar di PPP hanya butuh doa karena kami sangat serius. Kami juga meminta rekomendasi untuk mendaftar di PPP,” pungkasnya. (m2/lex)

To Top