Pilkada Tiga Daerah, Ini Figur Yang Diusung Golkar – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pilkada Tiga Daerah, Ini Figur Yang Diusung Golkar

H Zahari

Adi Surunudin

Ahmad Safei

 

 

 

 

 

KENDARI, BKK – Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 2018 mendatang di tiga daerah yakni Bau-bau, Konawe dan Kolaka, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sultra menunggu usulan dari masing-masing Ketua DPD II untuk siapa nantinya yang bakal diusung.

Hal ini diungkapkan, sekretaris DPD I Partai Golkar Sultra, Basri bahwa dalam melakukan perekrutan Pilkada tiga daerah itu sepenuhnya menyerahkan kepada masing-masing DPD II setempat.

Saat ini, sambungnya, DPD II akan melakukan rapat internal untuk kemudian menunggu usulan dari masing-masing kader mulai dari tingkatan paling bawah siapa nantinya yang bakal didorong untuk diusung melalui Partai Golkar.

“Masih sementara meminta usulan dari tingkatan paling bawah. Tinggal kami menunggu saja kedepannya itu seperti apa dan semuanya akan diserahkan ke DPD II daerah yang melakukan pilkada 2018 itu,” katanya saat ditemui di salah satu hotel di Kota Kendari, Minggu (11/6) malam.

Ia menjelaskan, untuk Pilkada di tiga daerah itu, dimungkinkan akan kembali tidak membuka penjaringan seperti pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra 2018 mendatang. Namun, semua itu akan dilihat apakah daerah itu memiliki kader golkar yang siap maju dan bakal diusung atau tidak.

“Jika ada kader dan berpotensi akan maju bertarung dalam pilkada nantinya, maka kami tidak akan membuka penjaringan tetapi jika memang tidak ada kader maka kami akan membuka penjaringan balon,” jelasnya.

Untuk di Pilkada Konawe, lanjutnya, pihaknya akan melihat kekuatan serta elektabilitas masing-masing kader yang sudah nyatakan diri bakal maju mencalonkan. Hanya saja, sambung dia, sudah ada beberapa nama yang digadang-gadang untuk diusung melalui partai berlambang pohon beringin itu.

“Untuk sementara sudah ada nama-nama yang bakal diusung dalam Pilkada Konawe, diantaranya merupakan kader golkar yakni Adi Surunuddin. Sementara untuk non kader itu adalah Bupati Konawe Kerry Syaiful Konggoasa, Ketua DPRD Konawe Gusli, Irawan Laliasa, Litanto serta beberapa calon lainnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sementara untuk di Pilkada Bau-bau dipastikan Partai Golkar tidak akan membuka penjaringan. Pasalnya, kata dia, Golkar akan mengusung H Zahari yang tidak lain merupakan Ketua DPD II Partai Golkar Bau-bau.

“Di Bau-bau akan mengusung calon Ketua DPD II Partai Golkar Kota Bau-bau adalah H Zahari (H Bobby). Kalau bukan menjadi 01 berarti 02,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, berbeda halnya dengan Pilkada di Kolaka. Karena Partai Golkar sama sekali tidak mempunyai kader siapa nantinya yang siap untuk tampil, sehingga dimungkinkan Golkar akan mengusung Bupati Kolaka Ahmad Safei. (m2/lex)

To Top