Mahasiswa FKM UHO Kunjungi Dapur Redaksi BKK – Berita Kota Kendari
Aktualita

Mahasiswa FKM UHO Kunjungi Dapur Redaksi BKK

Mahasiswa Promkes FKM UHO saat melakukan kunjungan di dapur redaksi BKK diterima Direktur BKK, Mahdar didampingi Pemred Jumwal Shaleh.

Mahasiswa Promkes FKM menyaksikan proses layout koran BKK.

KENDARI, BKK – Tidak kurang dari 30 mahasiswa peminatan promosi kesehatan (promkes) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) mengunjungi dapur redaksi Harian Berita Kota Kendari, Senin (12/6).

Kunjungan ini sebagai lanjutan dari kegiatan pelatihan jurnalistik yang sebelumnya berlangsung di kampus mereka, Sabtu – Minggu (10-11/6).

Para mahasiswa itu didampingi dosen pembina mata kuliah jurnalistik kesehatan yang juga Wakil Dekan (WD) II Bidang Akademik, Drs La Dupai M Kes.

Para mahasiswa diterima Direktur Harian Berita Kota Kendari Mahdar SS MAP didampingi Pemimpin Redaksi, Jumwal Shaleh SP.

Kedatangan mahasiswa promkes untuk mengetahui dan melihat secara langsung proses pembuatan berita, pengeditan hingga layout koran.

Direktur Harian Berita Kota Kendari Mahdar memperkenalkan lebih awal tentang Harian Berita Kota Kendari. Ia menejelaskan, bahwa Harian Berita Kota Kendari merupakan media muda yang bernaung di Jawa Pos Grup.

“Meski usia yang terbilang muda, namun dalam pengelolaan redaksinya, Harian Berita Kota Kendari mampu bersaing dengan media lain dan tumbuh dengan baik,” ungkapnya.

Terkait persoalan redaksi, Pimpinan Redaksi Harian Berita Kota Kendari, Jumwal Shaleh memaparkan, dalam susunan sebuah media terdiri dari Direktur, Pimpinan Redaksi (Pimred), Redaktur Pelaksana (Redpel), Kordinator Liputan (Korlip), Redaktur, dan Reporter.

“Dari tingkatan ini, Reporter terbagi dua yaitu untuk kota dan daerah atau lebih dikenal dengan sebutan koresponden. Sedangkan pada jabatan Pimred akan ada juga turunannya seperti Wakil Pimred tetepi itu jika dibutuhkan,” paparnya.

Masuk pada persoalan berita, lanjut dia, para reporter sebelum melakukan liputan akan dibekali dengan isu yang itu dirancang terlebih dahulu pada rapat redaksi sebagi tugas wajib para reporter dilapangan.

Hasil dari lipuatan itu kemudian disusun para Reporter lalu dimasukan kedalam server komputer yang saling terhubung antar satu komputer dan komputer lainnya.

“Hasil liputan yang dimasukan para Reporter ke server komputer terbagi sesuai tugas liputan. Misal, untuk hasil liputan pemerintah kota akan masuk pada server khusus folder halaman kota begitu juga untuk hasil liputan lain,” jelasnya.

Hasil liputan tersebut, kemudian ditangani redaktur. Di sini juga para redaktur akan menangani sesuai dengan tugasnya, seperti redaktur kriminal akan menangani halaman kriminal, redaktur kota akan menangani halaman kota dan seterusnya.

“Setelah dari redaktur, tulisan reporter yang diberi kode menunjukan kelayakan hasil liputan diterbitakan menjadi berita, namun semua itu kembali disaring oleh Pimred sebelum di layout,” beber  Reporter senior dengan sapaan akrab Alex.

Tidak hanya sampai di situ, berita yang telah diperiksa Pimred akan di layout oleh layouter sebelum dikirim dipercetakan untuk dicetak.

“Hal ini lah yang terus berulang dilakukan dalam direksi. Mungkin bosan, tetapi jika dijalani mengasikan,” pungkasnya.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Direkur dan Pimred Harian Berita Kota Kendari, para mahasiswa kemudian ditunjukan cara melayout berita secara langsung oleh layouter Abidin dan Angga.

Dosen pembina, La Dupai menyatakan terima kasihnya kepada manajemen BKK karena menerima mahasiswanya dengan baik.

“Dengan kunjungan ini mereka dapat melihat secara proses kerja sebuah media khususnya berkaitan dengan layout koran,” kata La Dupai. (cr5/lex)

To Top