Senat Jadwalkan Pilrek 15 dan 16 Juni – Berita Kota Kendari
Headline

Senat Jadwalkan Pilrek 15 dan 16 Juni

Suasana rapat anggota senat tentang penetapan jadwal tentatif Pilrek UHO periode 2017-2021.

KENDARI, BKK – Setelah ditunda dua kali, akhirnya senat Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar rapat berlangsung di ruang rapat senat lantai empat Rektorat UHO, Kamis (8/6).

Rapat tersebut membahas agenda khusus menetapkan jadwal pilrek yang sebelumnya sudah beberapa kali diagendakan. Senat memutuskan jadwal pilrek digelar 15 dan 16 Juni mendatang.

Ketua Senat UHO, Prof Dr Aminuddin Mane Kandari menjelaksan, dari jadwal tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi sesuai dengan hak prerogatifnya untuk memilih waktu yang tepat.

“Insya Allah jadwal yang kami sudah tetapkan akan kami laporkan ke Kemenristekdikti untuk memutuskan jadwal kepastiannya apakah memilih 15 Juni atau 16 Juni tergantung hak prerogatif Kemenristekdikti,” kata Aminuddin.

Rapat senat  terbuka tersebut dihadiri 69 orang anggota dari 101 total anggota. Informasi dari sekretariat senat menyebutkan, lima orang izin,  dua orang sedang sakit, dan 25 orang tanpa keterangan.

Dengan jumlah tersebut, rapat senat tersebut dinyatakan memenuhi batas quorum, yakni  2/3 dari total anggota senat atau 67 orang.

Plt Rektor Prof Supriadi Rustad mengatakan dalam Pilrek UHO kedepan diharapkan kepada para calon rektor hendaknya menerima semua ketetapan yang akan diterima nantinya baik menang ataupun kalah.

Ia menjelaskan, untuk calon rektor yang bakal terpilih nantinya jangan sampai akan memutuskan tali persaudaraan diantara masing-masing calon dan anggota senat nantinya yang malah akan merugikan pihak UHO sendiri.

” Menang kalah perkara biasa, kalah terus sudah biasa, kalah menang perkara biasa dan menang terus tidak biasa,” ujar Prof Supriadi Rustad.

Ia menuturkan, didalam setiap pertarungan seperti halnya pemilihan rektor UHO harus menerima siap kalah siap menang.

“Makanya selesai rapat ini saya akan mengadakan pertemuan bersama Prof Lasara, Prof Buyung Sarita dan Dr Zamrun di ruangan saya. Saya ingin ngobrol mengenai kebaikan pelaksanaan Pilrek agar tidak merugikan siapapun,” ujarnya saat di ruang rapat senat terbuka.

Selain itu, Dr Aminuddin Mane Kandari mengatakan berdasarkan rapat yang telah dilakukan melalui rapat senat terbuka maka ditetapkan jadwal tentatif pelaksanaan Pilrek UHO periode 2017-2021 akan dilaksanakan pada Kamis (15/6) pukul 09.00 sampai selesai (Wita) atau Jumat (16/6) pukul 13.30-selesai (Wita).

Jadwal  Pilrek UHO periode 2017-2021 yang menentukan tersebut adalah pihak Kemenristek dikti tinggal melihat dan memilih jadwal yang telah disepakati anggota senat UHO antara pada 15 Juni-16 Juni.

“Mudah-mudahan dari dua alternatif yang disetujui anggota senat semoga Kemenristekdikti menyetujui salah satu yang telah ditetapkan anggota senat,” ujarnya kepada wartawan seusai rapat senat.

Dimana ketua senat dan panitia Pilrek akan segera menyetorkan hasil rapat senat mengenai jadwal tentatif Pilrek UHO satu hari setelah penetapannya yang akan diserahkan Kemenristekdikti dan tinggal menunggu kesepakatan Kemenristekdikti untuk melakukan Pilrek UHO.

“Saya berharap dengan pemilihan rektor kedepan agar semakin lebih rukun lagi tidak ada perbedaan-perbedaan mengenai siapa yang cocok untuk menduduki jabatan rektor dan kita juga harapkan berakhir dengan sangat baik,” pungkasnya dengan sedikit senyum.  (p12/lex)

To Top