Headline

Perjuangkan Sultra Jadi Embarkasi Haji

Mantan Kakanwil Kemenag Sultra, Mohamad Ali Irfan melakukan serah terima jabatan kepada Kakanwil Kememag Sultra yang baru Abdul Kadir, di Aula Kemenag Sultra, Kamis (8/6). (foto: yusril)

Kendari, BKK – Mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara, Mohamad Ali irfan, melakukan serah terima jabatan kepada Kakanwil Kemenag baru Dr Abdul Kadir MPd berlangsung di Aula Kemenag Sultra, Kamis (8/6).

Mantan Kakanwil Kemenag Sultra, Mohamad Ali irfan, memanfaatkan moment itu memberikan wejangan dan pesan kepada Abdul Kadir.

Ali Irfan mengatakan, dia memiliki mimpi yang belum terwujud saat bertugas di Sultra hingga dipindahkan menduduki salah satu jabatan di Kemenag RI, yakni menjadikan Sultra sebagai embarkasi haji.

“Karena itu saya siap kawal Kakanwil Kemenag Sultra yang baru untuk menghadap Menteri Agama, agar Sultra bisa dijadikan embarkasi haji,” kata Ali irfan dalam sambutannya di acara pisah sambut dan serah terima jabatan itu.

Ia mengatakan, selama ini ia sudah berusaha mengemis di pusat agar Sultra mendapatkan tambahan kuota haji sehingga saat ini kuota dari Sultra bertambah dari 1.335 menjadi 2.026 orang.

“Saya tidak mau diperlakukan Sultra tidak adil, karena ada provinsi kecil dan belum lama mekar, tetapi sudah menjadi embarkasi haji antara, sementara jumlah jamaah haji Sultra lebih banyak dari provinsi itu,” katanya.

Menurut Ali Irfan, syarat untuk menjadi embarkasi haji sudah tepenuhi, sehingga pusat harus memberikan perhatian untuk memenuhi keinginan daerah menjadikan Sultra sebagai emarkasi haji.

“Kalau kita sudah menjadi embarkasi haji, bisa membantu jamaah karena tidak perlu lagi transit ke Makassar, dari Kendari bisa langsung terbang ke Mekkah,” katanya.

Ia juga berpesan kepada Kakanwil Kemenag yang baru agar dalam memimpin Kemenag Sultra penuh dengan kesabaran, karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, kondisinya diwarnai dengan berbagai dinamika.

“Saya minta kepada semua ASN lingkup Kemenag Sultra agar mendukung Abdul Kadir dalam mewujudkan visi misi Kementerian Agama di daerah ini, sehingga Kememag bisa menjadi bagian terpenting dari penggerak pembangunan di Sultra,” katanya.

Mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Irfan saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI.

Dosen Senior Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Abdul Kadir  dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Sultra bersama puluhan pejabat eselon II lingkup Kemenag RI di Jakarta,  Selasa (30/5) lalu.(p12/lex)

To Top